post-title

Hati-hati! Si kecil dehidrasi!

Cuaca Indonesia yang panas☀️ dapat membuat si kecil dehidrasi. Anda sebaiknya selalu memerhatikan kondisi si kecil agar tubuhnya jangan sampai kekurangan cairan. Apa saja tanda si kecil mengalami dehidrasi?


Risiko dehidrasi anak

📝Kondisi tertentu yang membuat anak lebih rentan alami dehidrasi

Terdapat kondisi-kondisi tertentu yang membuat si kecil lebih rentan untuk mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut diantaranya, anak yang mengonsumsi antihistamin atau obat-obatan yang bersifat diuretik, anak dengan obesitas, dan anak yang baru saja sakit muntah🤮 dan diare.

✨Luas permukaan tubuh anak

Luas permukaan tubuh anak menyebabkan proporsi yang jauh lebih besar dari berat keseluruhan mereka, daripada orang dewasa. Hal ini berarti anak-anak memiliki risiko dehidrasi yang jauh lebih besar😞.


Tanda si kecil dehidrasi!

📌Ciri dehidrasi ringan hingga sedang yang dialami bayi dan anak

Bayi yang mengalami dehidrasi ringan hingga sedang biasanya popoknya hanya basah sebanyak kurang dari 6 popok per harinya. Kepala balita juga terlihat lebih lunak dan cekung. Aktivitas bayi dan anak-anak juga terlihat menurun dan mulutnya👄 terasa kering. Kotoran yang dikeluarkan juga menjadi lebih encer yang disebabkan oleh diare.

☁️Ciri dehidrasi parah yang dialami bayi dan anak

Ciri dari dehidrasi parah adalah kulit bayi dan anak terlihat lebih keriput, matanya juga terlihat lebih cekung, dan tangan kakinya berubah warna dan dingin. Selain itu, biasanya bayi dan anak akan sangat rewel, tidak mengeluarkan air mata ketika menangis, terlihat lebih mengantuk, dan buang air kecil🚽 hanya 1-2 kali dalam sehari.


Cara mengatasi dehidrasi yang dialami anak

🍃Segera bawa si kecil ke tempat yang teduh

Jika Anda dan si kecil sedang berada di luar, segera bawa anak ke tempat yang teduh agar terhindari dari paparan sinar matahari yang terik. Lalu berikan si kecil minum. Anda dapat memberikannya ASI (untuk bayi), susu🍼 atau air mineral. Hindari memberikan si kecil cairan dengan kandungan gula yang tinggi karena akan memperburuk dehidrasinya.

✔️Berikan larutan oralit

Jika dehidrasi anak disebabkan karena diare, Anda dapat memberikan si kecil larutan oralit untuk mengembalikan hidrasi pada tubuhnya. Namun, segera bawa si kecil ke rumah sakit🏥 jika sesudah 12 jam belum juga terlihat ada perubahan dan kondisi anak terlihat memburuk.

🌊Letakkan kain basah

Anda juga dapat meletakkan kain yang dibasahi air pada bagian tubuh anak yang mengalami overheat. Jika anak mengalami kram panas, Anda dapat melakukan peregangan otot lembut pada bagian yang terkena untuk meredakan rasa sakitnya⚡.