post-title

Duh… Si kecil makannya diemut!

Ketika si kecil sudah mulai makan, pasti terdapat berbagai masalah yang akan Anda hadapi, salah satunya si kecil yang suka mengemut👄 makanannya. Hal ini tentunya juga menguji kesabaran Anda karena si kecil tidak kunjung menelan makanannya.


Kenapa ya si kecil makannya suka diemut?

😞Si kecil bosan dengan makanan yang dihidangkan

Makanan yang terasa hambar, kurang bertekstur dapat membuat si kecil tidak bersemangat untuk mengunyahnya. Berdasarkan pernyataan Helene Hausner, postdoc di Departemen Ilmu Pangan Universitas Kopenhagen, anak perlu mencicipi makanan yang tidak disukai sampai 10 kali sebelum belajar menerimanya. Mereka juga ingin mencoba makanan🍲 baru.

🦷Gigi si kecil sedang tumbuh

Gigi geraham yang sedang tumbuh dapat menyebabkan ketidaknyamanan⚡ yang lebih tinggi daripada pertumbuhan gigi lainnya. Karena itu, bisa saja si kecil jadi suka mengemut makanannya karena ia kesulitan untuk mengunyah.

💭Anak belum mengerti proses makan yang benar

Apabila orang tua tidak mengajarkan anak tahapan dalam memberikan makanan tapi hanya memberikan mereka makanan cair atau susu🍼, anak tidak pernah belajar cara proses makan, yaitu mengunyah dengan baik. Hal ini membuat si kecil senang mengemut makanan.


Berikut tips atasi anak yang senang mengemut makanannya!

😊Ajak si kecil makan bersama-sama

Dengan mengajak si kecil makan bersama-sama Anda, ia dapat meniru Anda yang makan🍽️ dengan lahap. Anda juga dapat menawarkan satu per satu menu makanan yang ada dan membiarkan si kecil mencicipi rasa makanan yang bervariasi agar tidak bosan.

🎵Membuat suasana makan menyenangkan

Aktivitas screen time seperti menonton video di ponsel📱 atau televisi dapat membuat si kecil lupa untuk mengunyah makanannya. Karena itu, Anda dapat membuat suasana makan yang menyenangkan seperti sambil menyetel musik atau sambil mengajak si kecil bercerita.

📌Membatasi cemilan sebelum jam makan

Biasanya si kecil akan malas mengunyah jika belum terlalu lapar karena sudah makan cemilan sebelumnya. Karena itu, sebaiknya batasi cemilan🍞 atau susu pada anak Anda minimal 1 jam sebelum jam makan.

💡Membatasi durasi makan

Anda juga dapat membatasi durasi makan anak agar ia lebih semangat untuk menghabiskan makanannya dengan lebih cepat. Anda dapat menyetel timer⏲️ dan meminta si kecil untuk berhenti makan jika waktu yang ditentukan telah habis. Hal ini dapat sekaligus mengajarkan si kecil untuk disiplin ketika waktu makan.