post-title

Mengenal lebih dalam masalah sistem imun anak

Sistem imun tubuh anak terus berkembang seiring pertumbuhannya. Sistem imun yang terlalu lemah dan terlalu aktif dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak👶. Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh manusia?

✨Sistem limfatik

Sistem limfatik merupakan bagian utama dari sistem kekebalan tubuh manusia🚶‍♀️ yang merupakan jaringan kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Pembuluh yang menyebar ke seluruh tubuh ini membawa cairan bening yang bernama getah bening.

💭Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening merupakan gumpalan kecil sel sistem kekebalan yang dihubungkan oleh pembuluh limfatik. Di dalamnya terdapat sel darah putih yang menjebak bakteri🦠, virus, sel kanker, dan patogen lain.


Penyakit serius yang bisa menyerang anak apabila sistem imun terganggu

☹️Defisiensi imun sementara

Sistem kekebalan tubuh si kecil dapat melemah yang disebabkan oleh obat-obatan💊 tertentu. Hal ini dapat dialami oleh anak yang menjalani kemoterapi atau obat lain yang dikonsumsi untuk mengobati kanker.

⚡Imunodefisiensi gabungan parah

Imunodefisiensi gabungan parah atau SCID (Severe combined immunodeficiency) merupakan salah satu defisiensi imun yang timbul ketika bayi👶 baru lahir. Tubuh anak dengan SCID biasanya kehilangan sel darah putih yang penting yang jika tidak ditangani akan menyebabkan kematian.

☁️AIDS

HIV, penyebab AIDS merupakan infeksi virus yang menghancurkan sel darah putih yang penting yang melemahkan😖 sistem kekebalan tubuh. Kelemahan ini kemudian dimanfaatkan oleh virus HIV untuk menyerang tubuh si kecil.


Mengenal autoimun dan sistem imun yang terlalu aktif

📝Penyakit autoimun

Penyakit autoimun yang umum diantaranya, lupus, diabetes tipe 1, dan radang sendi. Penyakit autoimun membuat tubuh menyerang😞 jaringan normal yang sehat.

💨Sistem imun yang terlalu aktif

Sistem imun si kecil yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah. Sistem imun yang terlalu aktif akan bereaksi dengan berlebihan pada zat di lingkungan yang biasanya tidak berbahaya. Kondisi-kondisi yang terjadi karena sistem imun yang terlalu aktif yaitu, rinitis alergi, alergi makanan, eksim, dan asma🌬️.