post-title

Tips pertolongan pertama jika anak jatuh pingsan!

Saat anaknya tiba-tiba jatuh pingsan, orang tua pastinya akan langsung panik dan meminta bantuan orang lain. Namun, terdapat berbagai hal yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama jika si kecil pingsan👶. Mari simak bahasannya berikut ini.


Penyebab anak jatuh pingsan

✨Vasovagal syncope

Hal ini merupakan penyebab pingsan yang paling terjadi pada anak. Vasovagal syncope disebabkan oleh respons refleks yang berlebih pada tonus vasomotor dan detak jantung❤️ yang diakibatkan oleh stres secara emosi atau fisik.

🌬️Breath holding spells (BHS)

Kondisi ini sering terjadi pada anak umur 6 bulan sampai 2 tahun. Penyebab BHS yaitu emosi anak seperti takut, nyeri😖 atau marah.

🌊Dehidrasi parah

Dehidrasi parah juga dapat mengakibatkan anak pingsan. Hal ini terutama dapat terjadi pada anak-anak yang banyak beraktivitas atau berolahraga di luar ruangan ketika musim panas☀️.

🚶‍♀️Hipotensi ortostastik

Perubahan posisi tubuh yang mendadak, contohnya dari posisi duduk🪑 langsung berdiri dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang mendadak yang bisa menyebabkan lemas, pusing, dan pingsan. Kondisi anemia atau apabila anak sedang mengonsumsi obat tertentu juga dapat memperburuk kondisi ini.


Apa saja hal yang dapat dilakukan ketika anak jatuh pingsan?

👄Hindari memasukkan benda apapun ke dalam mulut anak

Hindari memasukkan apapun ke dalam mulut anak ketika pingsan. Memberikan anak minum saat pingsan justru akan membahayakan karena dapat membuat anak tersedak saat sadar. Anda dapat memberikan minum🥛 pada anak saat ia telah sadar.

🛏️Membaringkan tubuh anak dengan posisi kaki lebih tinggi

Saat si kecil pingsan, Anda dapat membaringkan tubuh si kecil sebagai langkah awal. Anda dapat memberikan alas yang lebih tinggi pada bagian bawah daripada kepalanya untuk mencegah kekurangan oksigen ke otak🧠. 

✔️Memberikan minuman yang manis ketika anak sudah sadar

Anda dapat memberikan anak minuman yang manis seperti teh manis ketika anak sudah sadar👀 dari pingsan. Minuman manis dapat meningkatkan gula darah dan mengembalikan energi yang diperlukan anak sesudah pingsan.