post-title

Stimulasi kecerdasan majemuk anak!

Terdapat 9 jenis kecerdasan yang dimiliki anak. Kumpulan kecerdasan ini disebut dengan kecerdasan majemuk🧠 yang dikemukakan oleh pakar pendidikan dan psikologi Amerika, Howard Gardner dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Apa saja 9 jenis kecerdasan ini?


Kecerdasan kinestetik, eksistensi, naturalis, logis matematis

✨Kecerdasan kinestetik

Anak dengan kecerdasan majemuk jenis kinestetik biasanya sangat menyukai aktivitas fisik. Anak lebih suka berlari🚶‍♀️, memanjat, melompat dibandingkan duduk manis membaca buku. Ia akan lebih menyukai duduk sambil bermain balok susun, puzzle, busy book yang membuat otak dan tangannya bergerak aktif.

💭Kecerdasan eksistensi

Kecerdasan eksistensi mengarah pada bidang filsafat. Kecerdasan ini melibatkan kapasitas dan kepekaan anak dalam menangani pertanyaan mendalam mengenai makna hidup☘️, bagaimana kita sampai di sini dan mati, keberadaan manusia.

📌Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis meliputi kemampuan menghargai, mengenali, mengklasifikasikan berbagai fitur di lingkungan. Anak dengan tipe kecerdasan ini sangat tertarik dalam memahami jenis makhluk hidup🐈 yang ia lihat. Anda bisa mengasah kecerdasan naturalis dengan mengajak anak bermain di alam sambil mengenalkan berbagai flora dan fauna.

✍🏻Kecerdasan logis matematis

Anak dengan tipe kecerdasan logis matematis sangat menyukai kegiatan yang berkaitan dengan logika, angka, dan berhitung. Anak menyukai eksperimen, masalah aritmatika📏, dan permainan strategi.


Kecerdasan linguistik, visual spasial, musik, interpersonal, intrapersonal

🤓Kecerdasan linguistik

Kecerdasan majemuk tipe ini berfokus pada kemampuan bahasa anak. Biasanya, anak dengan kecerdasan linguistik mempunyai ciri menyukai membaca buku📙, mudah mengingat kata-kata, dapat menjelaskan sesuatu, dan senang bercerita.

👀Kecerdasan visual spasial

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan si kecil dalam memahami dan mengenali objek yang telah dilihat sebelumnya. Anak dengan tipe kecerdasan majemuk ini biasanya gesit ketika menyusun puzzle, dapat menggambar🖍️ secara detail, dan mudah memahami suatu hal melalui gambar.

🎵Kecerdasan musik

Anak dengan kecerdasan musik biasanya senang bermain alat musik atau bernyanyi. Kecerdasan musik meliputi kemampuan anak dalam memahami nada, ketukan, dan melodi suatu musik. Anak dapat menganalisis nada bicara seseorang dan menciptakan📝 lagu sendiri.

😊Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan ini meliputi kemampuan anak dalam memahami dan berinteraksi💭 secara efektif dengan orang lain. Anak dengan tipe kecerdasan interpersonal menyukai bekerja sebagai tim, sensitif dengan ide dan perasaan orang lain, punya banyak teman, dan memperlihatkan empati pada orang lain.

💖Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan anak dalam memahami diri sendiri. Anak👧🏻 dengan tipe kecerdasan ini dapat mengetahui kelemahan, kekuatan, rasa takut, keinginan, dan motivasi dirinya sendiri.