post-title

Anak sering mengigau saat tidur

Banyak orang tua menganggap sepele anak yang mengigau ketika tidur. Padahal, mengigau bisa menjadi pertanda dari berbagai macam gangguan. Hal apa saja yang menyebabkan si kecil sering mengigau ketika tidur😴?


Hal-hal yang menyebabkan si kecil sering mengigau ketika tidur

😞Kebutuhan atau keinginan yang tidak terpenuhi

Kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat menjadi salah satu penyebab anak sering mengigau. Kebutuhan tersebut lebih mengarah pada kebutuhan psikis, contohnya ingin didengarkan👂, didampingi, ditemani atau diperhatikan.

👀Menyaksikan atau menonton hal mengerikan

Menyaksikan atau menonton hal yang mengerikan menjelang waktu tidur⏲️ dapat membuat anak mengigau ketika tidur. Hal ini karena alam bawah sadar si kecil merekam apa yang disaksikan sebelum ia tidur.

🌬️Si kecil tidur dalam kondisi kelelahan

Membiarkan si kecil main🚗 terlalu lama menjelang saat tidur tidaklah baik. Pola tidur si kecil dapat terganggu, tidur tidak nyenyak, dalam keadaan gelisah, dan mengigau.


Tips atasi anak yang sering mengigau ketika tidur

😖Hindarkan si kecil dari rasa takut atau cemas

Rasa takut👻 atau cemas dapat disebabkan oleh lingkungan baru, atau tontonan yang seram. Karena itu hindarkan si kecil dari tayangan menyeramkan terutama sebelum waktu tidur.

☀️Sembuhkan demam anak

Demam juga dapat menjadi penyebab anak mengigau ketika tidur. Anda dapat memberikan obat penurun panas yang sesuai dengan usianya dan mengompres si kecil untuk menurunkan demamnya.

💊Jangan biarkan si kecil terlalu lelah

Batasi waktu bermain si kecil agar ia tidak kelelahan dan kurang tidur. Selain itu, Anda juga dapat mengalihkan permainan yang dirasa terlalu berlebihan ke permainan yang lebih ringan dalam merangsang daya kreativitas✨ dan saraf sensorik motoriknya.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan psikolog

Anda dapat memerhatikan cara anak mengigau. Jika anak mengigau dengan cukup parah maka, bisa jadi ia sedang mengalami masalah. Sebaiknya Anda membawa si kecil mengunjungi psikolog🏥 untuk membantu si kecil mengatasinya. Karena jika dibiarkan, hal ini dapat memengaruhi perkembangan psikisnya.