post-title

Anak juga bisa terserang penyakit kuku!

Sebagai orang tua, pastinya seluruh tumbuh kembang dan kesehatan anak akan menjadi perhatian utama. Namun, biasanya sebagian orang tua💑🏽 terlewat tidak memeriksa kesehatan kuku si kecil. Terdapat berbagai penyakit kuku yang dapat dialami balita. Simak informasinya berikut ini.


Apa saja penyakit kuku yang bisa menyerang si kecil?

✨Onychoschizia

Onychoschizia merupakan kondisi saat kuku anak terbelah melintang serta pipih. Biasanya, kondisi kuku ini dialami oleh sekitar 28,8 persen bayi yang baru lahir terutama pada ibu jari tangan dan kakinya. Penyebab dari penyakit kuku ini adalah kuku yang terlalu lembab karena sering terkena air🌊 atau kuku yang terlalu kering yang menjadi rapuh.

📌Onychomadesis

Penyakit kuku ini cukup kompleks karena diakibatkan oleh infeksi virus, contohnya penyakit Kawasaki, penyakit tangan, mulut👄, kaki, dan campak. Onychomadesis akan menyebabkan kuku terpisah dari bantalan dan mengelupas seluruhnya. Kekurangan nutrisi, kemoterapi, penyakit yang mengakibatkan demam tinggi juga bisa menyebabkan onychomadesis.

☁️Leukonychia

Leukonychia merupakan gangguan kuku dengan bintik-bintik pada kuku. Leukonychia transversal dapat dialami anak-anak, pada ibu jari kaki yang disebabkan oleh trauma pada matriks distal dari penggunaan sepatu. Namun, juga dapat dialami oleh bayi👶 baru lahir dan balita akibat dari trauma minimal pada matriks kuku proksimal ketika lahir.

☹️Onycholysis

Penyakit kuku ini membuat kuku anak terpisah dari dasarnya namun tidak terasa sakit⚡. Onycholysis disebabkan oleh infeksi karena cedera atau penyakit kulit yang diderita anak.


Kuku jari anak juga bisa terkena jamur kuku!

🍄Penyebab munculnya jamur kuku

Terdapat berbagai penyebab dari munculnya jamur kuku pada anak. Diantaranya, kebiasaan anak yang sering menggigit-gigit kuku, anak terlalu lama memakai kaus kaki🧦 atau sepatu yang menyebabkan kuku lembab, adanya luka pada area kuku yang tidak kunjung diobati, dan terlalu lama berada di lingkungan yang lembab.

💡Tips atasi jamur kuku anak

Untuk mengatasi jamur kuku pada anak, Anda harus selalu memastikan agar area kuku tetap kering agar tidak menyebabkan infeksi lebih lanjut. Anda juga dapat memandikan anak dengan campuran larutan antiseptik, mengoleskan salep anti jamur, memberikan larutan iodine seperti Betadine di kuku yang terinfeksi jamur, atau membawa anak ke dokter👩‍⚕️ kulit.