post-title

Bayi juga bisa bisulan!

Tidak hanya orang dewasa, namun bayi juga bisa mengalami bisulan✨. Hal apa yang menyebabkan bayi bisulan? Bagaimana cara mengatasinya?


Hal apa saja yang menyebabkan bayi mengalami bisulan?

🩹Luka pada kulit si kecil

Luka pada kulit si kecil yang disebabkan oleh gesekan popok atau pakaian merupakan salah satu penyebab bisul pada bayi. Ketika muncul luka pada kulitnya, bakteri🦠 dari debu atau kotoran dapat masuk ke dalam kulit dengan mudah dan menyebabkan bisul.

👧🏻Infeksi folikel rambut

Infeksi folikel rambut (pangkal atau akar rambut) disebabkan oleh bakteri pada kulit yang menyebabkan bisul. Terdapat 3 jenis infeksi folikel rambut yaitu, folikulitis yang dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, furunkel, dan karbunkel yang memerlukan penanganan dokter👩‍⚕️.


Bagaimana ciri bisul bayi?

💭Ciri bisul bayi

Berdasarkan Seattle Children Hospital, ciri-ciri bisul yang dialami oleh bayi adalah memiliki ukuran benjolan kurang lebih 1-2 cm, bisul membesar seperti jerawat besar, terdapat benjolan merah yang membengkak pada kulit. Sesudah 1 minggu📅, biasanya area tengah bisul akan penuh dengan nanah dan bagian tengahnya melunak.

🏥Segera bawa bayi Anda ke dokter jika terjadi kondisi berikut!

Sebaiknya Anda segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan apabila si kecil mengalami kejang, demam, kulit sekitar bisul terlihat kemerahan dan hangat saat disentuh, bisul tidak kunjung sembuh atau muncul semakin banyak lebih dari 2 minggu. Selain itu, jika bisul timbul di wajah bayi, apalagi di sekitar mata👀, segera bawa ke dokter.


Atasi bisulan pada bayi dengan cara berikut!

🌊Mengompres dengan air hangat

Mengompres area bisul dengan air hangat selama 20 menit dapat merupakan salah satu cara mengatasi bisulan pada bayi. Anda dapat😉 mengompres sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

🤏Hindari memencet bisul

Pastikan untuk tidak memencet bisul pada kulit bayi👶. Menekan atau memencet bisul dapat menimbulkan infeksi yang serius dan memperburuk rasa sakit.

🌬️Bersihkan kulit bayi dengan sabun bayi

Bersihkan kulit bayi dengan sabun🧼 bayi jika bisul telah pecah dengan sendirinya. Setelah itu, tutup luka dengan perban steril.

👚Memilih pakaian bayi yang tepat

Kenakan bayi pakaian yang tidak terlalu ketat, mudah menyerap keringat, dan bersih. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan✋ setiap sebelum dan sesudah menyentuh kulit si kecil.