post-title

Kenalkan musik pada anak!

Musik memiliki banyak manfaat bagi anak dari bayi sampai dewasa. Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara mengenalkan musik🎵 pada anak sesuai dengan usianya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!


Beragam manfaat musik bagi anak!

💭Mendorong kemampuan bahasa anak

Musik dapat menstimulasi indra pada tubuh. Melalui musik, anak akan terlatih untuk membaca, menyanyikan lirik lagu, dan mendengarkan👂. Secara tidak langsung, kemampuan berkomunikasinya menjadi berkembang.

💖Mengubah suasana hati anak

Mendengarkan lagu yang berirama gembira atau lagu kesukaannya dapat mengubah suasana hatinya. Si kecil-pun akan lebih bersemangat😊 untuk beraktivitas.

💡Mengembangan kemampuan kognitif anak

Kemampuan kognitif anak dan perkembangan otaknya🧠 akan terstimulasi dengan musik. Ketika anak mendengarkan suatu lagu, ia akan berkonsentrasi dan berpikir sehingga dapat mengingat lirik, nada, dan tempo dari musik yang menjadi favoritnya.


Cara mengenalkan musik pada anak usia 0 sampai 5 tahun

📝Usia 0 sampai 12 bulan

Bayi usia ini sudah dapat menikmati nyanyian dan ritme lagu. Anda dapat mengenalkan musik pada bayi dengan menyenandungkan atau menyanyikan lagu ketika waktu tidur🛏️.

🎈Usia 1 sampai 3 tahun

Anak di usia ini menyukai lagu-lagu yang memiliki irama lucu dan menarik. Mereka sudah lancar menggerakkan kakinya🦵 untuk berjalan sehingga mereka juga senang menari mengikuti irama lagu.

👧🏻Usia 4 sampai 5 tahun

Pada usia ini, anak sudah mulai suka bernyanyi. Anda bisa mulai mengenalkan anak dengan berbagai alat musik🎹 dalam bentuk mainan. 


Tips kenalkan musik pada anak usia 6 sampai 10 tahun ke atas

☘️Usia 6 sampai 9 tahun

Di usia ini anak sudah dapat mulai belajar🤓 memainkan instrumen musik bukan berupa mainan lagi, namun yang asli. Belajar memainkan alat musik dapat mempertajam daya ingat anak dan menjadi saran anak dalam mengekspresikan dirinya dengan lebih baik.

🚶‍♀️Usia 10 tahun ke atas

Memutar musik dengan kecepatan dan ketukan yang lambat akan membantu memperlambat detak jantung anak sehingga dapat meredakan rasa stres anak. Memutar lagu santai juga dapat membuat tubuh lebih rileks yang membuat anak lebih cepat tidur😴.