post-title

Si kecil ketergantungan dot!

Banyak anak yang tidak bisa lepas dari dotnya, terutama ketika menjelang tidur. Mereka masih terus menghisap dotnya walaupun susunya telah habis. Bagaimana ya cara melepaskan ketergantungan si kecil dari dot🍼?


Kapan saat yang tepat bagi si kecil untuk lepas dari dotnya?

📅Usia 6 bulan-1 tahun

Usia 6 bulan sampai 1 tahun merupakan saat yang tepat bagi si kecil untuk mulai lepas dari dotnya. Terus menerus menggunakan dot akan menyebabkan berbagai gangguan😞 pada perkembangan si kecil.

📝Apa saja masalah perkembangan yang dapat terjadi?

Terus menerus menggunakan dot dapat menyebabkan infeksi telinga, masalah mulut👄 dan gigi. Bentuk rahang anak juga menjadi tidak normal yang membuat anak sulit untuk berbicara yang menyebabkan risiko terlambat bicara.


Ubah kebiasaan ngedot dengan tips berikut ini!

⏲️Mengatur jam minum susu

Anda dapat mengatur jam minum susu si kecil untuk secara perlahan mulai melepas kebiasaannya ngedot sebelum waktu tidur. Minum susu dapat dilakukan beberapa menit sebelum tidur🛏️ di luar kamar. Hal ini dapat membantu membiasakan si kecil untuk tidur tanpa sambil ngedot.

🤓Belajar menenangkan diri tanpa menggunakan dot

Si kecil biasanya mengisap dot untuk menenangkan dirinya. Anda dapat mengubah kebiasaan ini dengan memeluk si kecil ketika ia merasa gelisah alih-alih memberikan dot. Anda juga dapat bertanya💭 dengan sabar apa yang membuat ia gelisah.

👀Alihkan perhatian anak

Saat si kecil rewel dan meminta ngempeng, Anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain di pekarangan rumah atau membacakan dongeng📙. Anda juga dapat memberikan benda lain seperti mainan kesukaannya alih-alih memberikan empeng.


Tips lain, sippy cup dan gelas!

🎈Mengenalkan sippy cup pada anak

Anda dapat mengenalkan sippy cup pada anak dari usia 7 sampai 8 bulan ketika mereka sudah mengenal MPASI dan makan minum dalam posisi duduk. Pilih sippy cup yang memiliki pegangan di samping kiri dan kanannya agar memudahkan😊 si kecil untuk belajar minum dari gelas.

✨Gelas bersedotan

Gelas bersedotan dapat Anda berikan setelah mereka bisa minum dengan sippy cup. Minum dari gelas bersedotan tidak dapat dilakukan sambil tiduran karena akan berpotensi tumpah dan si kecil juga harus menyedot💨 lebih kuat yang dapat menjadi tantangan baru bagi si kecil.

✔️Beralih pada gelas

Anda dapat memulai mengalihkan si kecil pada gelas dengan menyediakan air putih hanya dalam gelas ketika jam makan🍚. Anda juga dapat membiasakan si kecil untuk minum dari gelas secara bertahap.