post-title

Tips pertolongan pertama anak sakit gigi

Pastinya semua orang tua akan merasa khawatir melihat buah hatinya kesakitan karena giginya sakit. Anak jadi sulit tidur dan makan, tidak nyaman beraktivitas dan jadi lebih rewel. Sebelum membawanya ke dokter gigi🦷, Anda dapat melakukan beberapa pertolongan pertama berikut ini.


Hal-hal yang membuat anak sakit gigi

✨Gigi anak yang sensitif

Gigi sensitif dapat dirasakan si kecil ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin🧊 maupun panas. Gigi akan terasa ngilu dan nyeri. Gigi sensitif bisa diakibatkan oleh cara anak yang salah ketika menggosok gigi yang membuat lapisan pelindung gigi terkikis, kurang menjaga kebersihan gigi, atau sering menggigit benda yang keras.

😞Infeksi gusi dan gigi

Apabila sakit gigi yang dialami membaik dalam 1-2 hari, maka bisa jadi penyebab sakit gigi si kecil merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika sakit gigi tidak kunjung hilang selama lebih dari 2 hari, sebaiknya Anda segera membawa anak ke dokter👩‍⚕️ gigi. Infeksi gigi yang tidak kunjung diobati dapat membuat penumpukan nanah di gusi dan gigi.

👄Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Kebersihan mulut yang kurang terjaga karena banyak mengonsumsi camilan yang mengandung gula, permen karet, jarang menggosok gigi akan membuat gigi rentan rusak. Gigi yang rusak akan menyebabkan rasa nyeri⚡, berlubang, dan gusi yang bengkak.


Tips pertolongan pertama sebelum membawa anak ke dokter gigi!

🧂Air garam hangat

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit gigi. Hal ini karena garam bisa membunuh bakteri🦠, sedangkan air hangat mengurangi pembengkakan gusi. 

🍃Kantung teh peppermint

Anda dapat memasukkan kantung teh ke pendingin selama beberapa menit⏲️. Sesudah itu, tempelkan kantung teh yang telah dingin tersebut ke area gigi anak yang sakit.

🌬️Kompres dingin

Anda dapat menempatkan kompres dingin seperti es batu atau kain yang telah dibasahi🌊 air dingin pada area yang bengkak. Tapi, hal ini tidak boleh dilakukan apabila sakit gigi anak diakibatkan oleh gigi sensitif.