post-title

Mainan plastik atau kayu?

Semua anak-anak pastinya menyukai mainan. Namun sebenarnya lebih baik memilih mainan yang terbuat dari plastik atau kayu ya? Mari, kita ketahui😉 kelebihan dan kekurangan dari bahan plastik dan kayu.


Apa saja kelebihan mainan dari bahan plastik?

📌Serbaguna

Mainan yang terbuat dari bahan plastik beberapa bagiannya dapat dilepas dan disatukan sehingga anak-anak dapat menggabung-gabungkan bagian mainan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan kreativitas🧠 anak.

👀Tampilan yang lebih realistis

Plastik bisa dibentuk dan dimodifikasi menjadi apa saja sehingga mainan yang terbuat dari bahan plastik tampilannya lebih realistis. Contohnya, mainan pesawat terbang, truk, mobil-mobilan🚗.


Lalu, apa kekurangan dari bahan plastik?

☘️Tidak ramah lingkungan

Plastik merupakan bahan yang paling tidak ramah lingkungan. Mainan dari bahan plastik membutuhkan waktu yang lama untuk dapat benar-benar rusak. Selain itu, bahan plastik juga tidak dapat didaur ulang😞.

⚡Bisa mengandung racun

Walaupun sebagian besar mainan yang terbuat dari berbagai bentuk polietilen tidaklah beracun, namun beberapa masih bisa membahayakan karena bahan umum plastik, Bisphenol A. Balita umumnya senang memasukkan mainan plastik ke dalam mulutnya👅, dan bahan plastik ini bisa membahayakan kesehatan melalui air liur si kecil.


Mari kita ketahui kelebihan mainan dari bahan kayu!

✔️Memiliki desain yang berkualitas

Mainan dari bahan kayu biasanya aman untuk digunakan dalam seluruh aspek, termasuk lapisan akhir dan jenis cat🎨 yang digunakan. Mainan dari kayu berkualitas juga mempunyai pinggiran yang halus dan dirancang tanpa potongan kecil yang dapat mudah terlepas yang dapat membahayakan si kecil.

🗓️Lebih tahan lama

Mainan yang terbuat dari bahan kayu berkualitas biasanya lebih tahan lama daripada mainan yang terbuat dari bahan lain. Mainan dari kayu tidak akan pecah berantakan walau anak melemparnya💨.


Kekurangan mainan dari bahan kayu

🪙Harganya yang relatif mahal

Mainan dari bahan kayu yang aman bagi lingkungan dan lebih tahan lama membuatnya memiliki harga yang lebih mahal. Namun, walau dianggap mahal, tetapi tidaklah terlalu mahal jika si kecil bisa memperoleh mainan yang aman dan kualitas yang lebih baik😊.

☁️Warnanya mudah pudar

Walau mainan dari bahan kayu lebih tahan lama, namun warnanya cenderung mudah untuk memudar dan mudah tergores. Tetapi, hal ini akan terjadi sesudah pemakaian dalam waktu yang lama🗓️.