post-title

Tinea Corporis, penyakit kulit rentan dialami anak

Terdapat salah satu penyakit kulit yang rentan menyerang anak bernama Tinea Corporis✨ yang sering juga disebut dengan ringworm atau kurap badan. Mari simak informasi selengkapnya mengenai penyakit kulit ini.


Mengenal lebih dalam Tinea Corporis

❓Tinea Corporis, penyakit kulit apa itu?

Tinea corporis merupakan penyakit kulit menular yang walaupun bukan penyakit yang serius namun tetap bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. Tinea corporis bisa menyerang siapa saja tanpa batasan usia tetapi lebih rentan dialami anak-anak👧🏻.

☁️Penyebab Tinea Corporis pada anak

Ada beberapa penyebab dari Tinea Corporis pada anak. Di antaranya, anak mempunyai daya tahan tubuh yang lemah karena obat-obatan atau penyakit, kurang gizi, tinggal di daerah beriklim lembab, hangat. Selain itu, memakai ruang bersama yang terpapar jamur🍄 dermatofita dan melakukan kontak fisik dengan anak lain atau hewan yang sudah terinfeksi. 


Apa saja gejala dan cara mengobati Tinea Corporis anak?

✍🏻Gejala yang dialami anak dengan Tinea Corporis

Anak mengalami gatal🤏 pada area yang terinfeksi, muncul ruam merah di kulit yang berbentuk cincin dengan tepi yang lebih tinggi dan tegas dibandingkan bagian tengah. Bagian tengah ruam juga bisa jadi tidak begitu merah ketika lesi tumbuh.

📌Cara mengobati Tinea Corporis pada anak

Biasanya perawatan yang diberikan akan dilakukan berdasarkan usia, gejala, dan seberapa parah kondisi yang dialami. Dokter👩‍⚕️ biasanya akan meresepkan obat salep anti jamur Myconazole untuk pasien Tinea Corporis yang masih sangat kecil. Menjaga tubuh pasien tetap kering dan selalu menjaga kebersihan juga harus dilakukan selama pengobatan.


Cegah Tinea Corporis pada anak dengan tips berikut!

💡Hindari melakukan hal berikut ini

Hindari sering mengganti produk kulit untuk anak. Serta hindari memakai produk yang berbahaya⚡ untuk kulit seperti formaldehida.

👩‍🦱Lakukan hal berikut ini

Pastikan kulit anak tidak basah atau kering, ganti pakaian anak jika basah, mandikan si kecil dengan menggunakan sabun🧼 yang mengandung pelembab. Selain itu, pastikan asupan cairan anak tercukupi dan oleskan krim yang mengandung zinc oxide bagi perawatan harian si kecil.