post-title

Tips dukung si kecil yang pemalu!

Malu tentunya pernah dialami oleh siapa saja, baik anak-anak sampai orang dewasa. Perilaku pemalu ini tentunya juga normal dialami oleh bayi👶 dan anak-anak. Apa sebenarnya penyebab anak menjadi sosok yang pemalu? Bagaimana cara mendukungnya tanpa memaksa harus berubah?


Hal apa saja yang menyebabkan anak menjadi sosok yang pemalu?

✨Faktor biologis

Berdasarkan laman Psychology Today, respons emosional atau temperamen seseorang terhadap lingkungannya dapat diketahui pertama kali sejak bayi berusia 4 bulan. Penelitian dilakukan dengan memperlihatkan bayi beberapa mainan sederhana seperti ponsel📱 mainan yang digantung.

Hasil penelitian mengatakan bahwa bayi yang terlihat kewalahan merupakan yang paling mungkin menjadi sosok yang pemalu seiring pertumbuhannya. Sedangkan bayi yang tidak bereaksi💭 sama sekali merupakan yang paling mungkin menjadi sosok yang sangat sosial.

🍃Faktor lingkungan

Selain faktor biologis, faktor lingkungan juga dapat memengaruhi kecenderungan anak menjadi sosok pemalu. Orang tua yang terlalu protektif😞 atau otoriter biasanya akan menyebabkan anak tumbuh menjadi sosok yang pemalu.

Sedangkan berdasarkan penelitian, orang tua yang sensitif dalam menanggapi kebutuhan anak secara tepat😊 akan membuat anak mampu mengatasi rasa malu sehingga menurunkan risiko anak tumbuh menjadi sosok pemalu.


Coba lakukan hal-hal ini untuk membantu mendukung anak yang pemalu!

💖Menunjukkan rasa empati pada kekhawatiran anak

Bantu anak merasa nyaman dengan dirinya sendiri dengan mengakui apa yang dirasakan oleh anak tanpa penilaian negatif. Contohnya, hindari mengatakan “jangan jadi anak yang tidak sopan, kasih sapa dulu”, namun katakan “ia akan menyapa apabila sudah siap😉”.

💡Mengajari anak bahwa rasa tidak nyaman bukanlah hal yang salah

Ajarkan anak bahwa rasa tidak nyaman bukanlah hal yang salah. Bantu si kecil dengan mengajarkannya menenangkan🌬️ dirinya sendiri ketika merasa tidak nyaman dan bantu untuk mengevaluasi situasi yang terjadi, apakah memang situasi saat ini berbahaya? Seringkali bahaya jarang terjadi. Namun, ketidaknyamanan merupakan tanda dari situasi baru.

✔️Mengajari anak keterampilan sosial dasar

Anda dapat mengajak anak untuk memainkan skenario dengan menggunakan dua boneka🧸. Ketika bermain, pastikan untuk memainkannya dengan cara menarik dan menyenangkan sambil sering bertanya, “apa yang harus ia lakukan?”.