post-title

Efek sering membentak anak

Mendidik anak pastinya bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan kesabaran. Secara sadar atau tidak sadar, orang tua pastinya pernah menegur💭 anak dengan nada membentak. Tidak sedikit anak yang tumbuh dengan sering dibentak bahkan dipukul orang tuanya. Hal ini tentunya bukanlah cara komunikasi yang baik dan akan memberi efek buruk bagi anak.


Efek buruk yang dapat dialami anak jika sering dibentak

☹️Anak merasa tidak berharga

Anak yang sering dibentak akan merasa dirinya tidak berharga. Walau mungkin ada orang tua yang merasa bahwa dengan membentak, anak menjadi lebih menghormatinya. Namun, anak juga manusia yang ingin dihargai dan disayangi💖 terutama oleh orang tuanya.

😞Anak kehilangan rasa percaya diri

Bentakan yang diikuti dengan kalimat menghina dan menyakitkan dapat membuat anak kehilangan rasa percaya dirinya. Anak dapat menderita gangguan perilaku, hidup dalam keraguan☁️, kegelisahan, bahkan depresi.


Dampak yang dialami orang tua jika sering membentak anak

📌Hubungan orang tua dengan anak menjadi renggang

Terlalu sering membentak anak akan membuat anak merasa tidak dimengerti bahkan oleh orang tuanya sendiri yang merupakan orang terdekatnya. Anak akan merasa tidak disayang, malu, dan sedih😢.

👂Anak tidak mau mendengarkan orang tua

Ketika orang tua membentak anak, sebenarnya orang tua sedang mengaktifkan bagian otak🧠 anak yang berperan dalam perlawanan dan pertahanan. Karena itu, anak akan ketakutan, melawan, dan bisa juga malah kabur.


Solusi agar Anda tidak perlu lagi membentak anak!

🌬️Tenangkan diri sebelum membentak

Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan untuk menenangkan diri Anda jika terpikir ingin membentak si kecil👶. Ingat penyesalan yang bisa saja Anda dapatkan jika menuruti emosi sesaat.

⏲️Tidak memaksakan menyelesaikan pembicaraan saat itu juga

Jika Anda tidak berhasil untuk menenangkan diri, hindari untuk memaksakan diri menyelesaikan pembicaraan dengan anak saat itu juga. Misalnya, Anda dapat mengatakan bahwa Anda sedang marah besar dan ingin menyetrika pakaian👚 dulu sambil menenangkan diri Anda. Sesudah itu, Anda bisa melanjutkan kembali pembicaraan dengan anak.