post-title

Apa itu rakhitis?

Anak tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Kekurangan suatu nutrisi dapat berdampak bagi kesehatan🍃 si kecil, salah satunya rakhitis. Apa itu penyakit rakhitis dan penyebabnya?


Mengenal lebih dalam penyakit rakhitis

❓Rakhitis, penyakit apa itu?

Rakhitis merupakan penyakit yang menyerang tulang yang menyebabkan tulang anak menjadi lunak dan lemah. Sebagian besar rakhitis dialami oleh bayi dan anak-anak, namun juga dapat dialami oleh remaja🚶‍♀️.

📝Apa yang menyebabkan penyakit rakhitis?

Rakhitis terjadi karena anak kekurangan vitamin D, terutama kekurangan fosfat dan kalsium. Kadang-kadang gangguan ginjal pada anak juga dapat menyebabkan rakhitis dengan cara memengaruhi cara tubuh dalam mengelola kalsium🦴, fosfat, vitamin D yang masuk ke dalam tubuh.


Apa saja gejala penyakit rakhitis?

✍🏻Gejala penyakit rakhitis pada anak

Gejala penyakit rakhitis pada anak di antaranya anak terlambat tumbuh gigi, pertumbuhan buruk, terdapat masalah dengan lapisan email gigi, terlambat merangkak dan berjalan, dan terjadi pembengkakan pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, lutut🦵. Selain itu, kadang bayi dengan rakhitis kadar kalsiumnya sangat rendah, mengalami kejang atau kram otot.

👩‍⚕️Bawa anak ke dokter jika terjadi salah satu gejala rakhitis

Bawa anak ke dokter🏥 jika anak mengalami salah satu gejala rakhitis. Biasanya spesialis akan melakukan tes darah guna memeriksa keseimbangan kalsium, fosfat, kadar vitamin D, fungsi ginjal, rontgen, dan tes urin.


Cegah anak alami rakhitis dengan cara berikut ini!

🍚Kenalkan anak dengan makanan padat

Kenalkan anak dengan makanan padat untuk bayi saat berusia 6 bulan🗓️. Pastikan anak juga mendapatkan asupan kalsium dan fosfat yang cukup dalam makanan mereka.

👀Kenali bayi yang berisiko rendah vitamin D

Mulai berikan suplemen vitamin D sebanyak 400 IU setiap harinya sejak lahir sampai anak berusia kira-kira 1 tahun jika bayi berisiko rendah vitamin D. Selain itu, rutin berjemur di bawah paparan sinar matahari☀️ pagi juga dapat membuat anak memperoleh asupan vitamin D alami.