post-title

Tips latih anak untuk bobok sendiri

Biasanya saat menginjak usia toddler, anak akan mulai tidur di tempat tidur bersama dengan orang tuanya. Namun, terus-menerus tidur bersama orang tua sampai besar tentunya bukanlah hal yang baik. Mulai kapan orang tua sudah dapat mengajarkan anak untuk tidur🛏️ sendiri?


Mulai kapan ya anak bisa diajarkan untuk tidur sendiri?

🗓️Usia 2 sampai 3 tahun

Walaupun tidak ada batasan usia yang spesifik tentang kapan anak sebaiknya mulai tidur sendiri, tetapi orang tua bisa mulai mengajarkan anak untuk tidur sendiri😉 ketika si kecil sudah menginjak usia 2-3 tahun.

✨Berhubungan dengan kepribadian anak

Biasanya, anak yang pendiam, lebih manja, pemalu akan memerlukan waktu⏲️ yang lebih lama untuk dibujuk agar mau tidur sendiri di usia yang lebih tua. Sedangkan anak dengan kepribadian ramah, dan ceria biasanya cenderung lebih mudah untuk tidur sendiri.


Apa saja manfaat dari anak tidur sendiri?

💖Anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri

Membiasakan anak untuk tidur😴 sendiri di kamar tidurnya dapat mendorongnya untuk belajar mandiri juga dalam berbagai hal lainnya. Misalnya, menjaga kebersihan kamar dan merapikan tempat tidurnya sesudah bangun tidur.

🎈Membangun rasa percaya diri anak

Tidur sendiri juga merupakan suatu cara pembelajaran bagi anak untuk mengatasi rasa takutnya. Berhasil tidur sendiri akan meningkatkan rasa percaya diri anak dalam menghadapi hal-hal lain yang mereka takuti, misalnya takut dengan kegelapan🌙.


Kondisi kamar anak untuk mengajarkan anak tidur sendiri!

⚡Menghilangkan gangguan dari kamar anak

Hilangkan berbagai gangguan yang terdapat di kamar anak yang bisa menjadi distraksi anak untuk tidur. Misalnya ponsel📱, televisi, komputer yang dapat membuat anak kesulitan untuk tidur.

🧒🏻Letakkan benda kesayangannya

Letakkan benda kesayangan anak, misalnya boneka🧸 kesayangannya untuk menemaninya tertidur. Benda kesayangan bisa membantu anak untuk merasa lebih nyaman sehingga lebih cepat untuk tertidur sendiri.


Lakukan hal berikut ini!

👀Mengamati anak dari jarak yang jauh

Anda dapat mendampingi anak dari jarak yang jauh daripada mendampinginya di tempat tidurnya. Anda dapat duduk di kursi🪑 di dekat pintu kamar si kecil dan mendampinginya sampai ia terlelap sebelum meninggalkan kamarnya.

👏Konsisten dan beri pujian

Apabila si kecil berhasil tidur sendiri, pastikan untuk memberikannya pujian agar menjadi motivasi bagi dirinya agar terus berani tidur sendiri di kamarnya. Selain itu, jangan lupa untuk tetap konsisten dengan langsung mengembalikan anak ke kamarnya walau anak terbangun di malam hari dan mendatangi kamar Anda karena takut😖 tidur sendiri.