post-title

Cara membersihkan telinga anak

Telinga merupakan salah satu bagian yang mungkin luput dari perhatian orang tua. Mari ketahui cara membersihkan telinga anak dengan benar agar telinga👂 si kecil tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.


Bagaimana cara membersihkan telinga bayi?

✔️Memakai obat tetes telinga

Pertama-tama baringkan bayi dalam posisi miring dengan telinga yang sakit menghadap ke arah atas. Lalu, tarik perlahan lobus bawah ke bawah dan ke belakang untuk membuka kanal. Teteskan sekitar 5 tetes pada telinga dan simpan obat tetes di telinga bayi sampai 10 menit, kemudian gulingkan hingga tetes telinga keluar dari telinga bayi ke tisu🧻.

✨Memakai kain lap

Rendam waslap di dalam air🌊 hangat, lalu keluarkan waslap dan usap dengan lembut bagian belakang telinga bayi dan sekitar bagian luar telinga. Hindari memasukkan kain lap ke dalam telinga bayi karena dapat merusak saluran telinga.


Penyebab kotoran telinga anak

🤏Memasukkan jari ke dalam telinga

Anak mungkin sering memasukkan jari ke dalam telinganya. Hal ini mendorong kotoran telinga masuk ke dalam yang membuat kotoran menumpuk dan menyumbat yang menimbulkan rasa tidak nyaman😖 pada bayi.

💭Hindari menggunakan kapas

Penggunaan kapas untuk membersihkan telinga anak dapat mendorong kotoran telinga kembali ke dalam dan menyumbat saluran telinga👂.


Tanda telinga si kecil bermasalah

💨Telinga mengeluarkan bau

Telinga yang mengeluarkan bau menandakan kotoran telinga anak sudah menumpuk😞. Bayi yang mengalami hal ini biasanya akan sering memegang dan menggaruk telinganya.

⚡Si kecil mengeluh telinganya gatal

Apabila si kecil sudah bisa berbicara, maka ia dapat mengeluh telinganya gatal. Segera bawa si kecil mengunjungi dokter THT👩‍⚕️ jika terlihat mengalami tanda-tanda seperti menyalakan televisi dengan volume kencang, atau tidak mendengar ketika dipanggil.