post-title

Penyebab anak gagap

Kondisi gagap👄 dapat dialami oleh siapa saja walau paling sering dialami di usia anak-anak. Apa penyebab anak gagap dan cara mengatasinya? 


Hal-hal yang membuat anak gagap

✨Faktor medis dan genetik

Lidah anak yang lebih pendek atau lebih tebal dari normal dapat menyebabkan anak gagap. Sementara itu, faktor genetik berpengaruh sangat besar pada pembentukan jaringan otak yang membuat orang tua💑🏽 yang gagap akan memberikan peluang lebih besar menurunkannya pada anak.

✔️Masalah neurologis

Masalah neurologis🧠 seperti disleksia dapat membuat anak gagap. Sehingga apabila masalah ini hilang, maka gangguan gagap juga akan hilang.


Tips mengatasi gagap pada anak!

👂Fokus dengarkan anak dengan sabar

Walau mungkin Anda tidak sabar mendengar anak bicara, tapi usahakan untuk mendengarkan anak dengan fokus tanpa menyela. Hal ini akan membuat anak merasa lebih dihargai😊.

💖Mendorong kepercayaan diri anak

Saat anak bicara dengan gagap, bukan tidak mungkin ia akan merasa tidak percaya diri. Sebagai orang tua, Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dengan memberikan pujian👏 deskriptif yaitu dengan memberikan apresiasi dengan cara menyebutkan hal baik yang telah dilakukan si kecil.

👩Bicara dengan perlahan

Ajak bicara anak dengan tenang🌬️, tidak terburu-buru, dan perlahan. Melakukan hal ini akan membuat anak lebih mudah mengikuti pembicaraan.

😉Terbuka dengan kondisi si kecil

Anda tidak diharuskan menjelaskan kondisi anak pada anak saat mengalami gagap. Namun, jika dirinya menanyakan kondisinya kepada Anda, Anda dapat terbuka dan menjelaskan💭 dengan perlahan. Pastikan untuk menjelaskan padanya bahwa gagap merupakan gangguan yang dapat dialami siapa saja agar ia tidak merasa cemas dan malu.