post-title

Berbagai penyakit langka balita

Terdapat beberapa kasus di mana anak mengalami penyakit langka yang baru diketahui saat anak lahir👶 atau seiring masa pertumbuhan si kecil. Apa saja penyakit langka yang dapat dialami balita?


Sindrom CHILD, CANDLE, Ehlers-Danlos

📌Sindrom CHILD

Sindrom CHILD atau Childhood Interstitial Lung Disease merupakan penyakit paru-paru langka yang dapat dialami bayi, anak-anak, dan remaja. Biasanya penyakit ini mengakibatkan kematian dini karena belum ditemukan obatnya💊 sampai saat ini.

⚡Sindrom CANDLE

Sindrom CANDLE atau Chronic Atypical Neutrophilic Dermatosis with Lipodystrophy and Elevated Temperature Syndrome merupakan penyakit peradangan langka yang adalah warisan kondisi genetik. Belum ditemukan obat untuk penyakit ini sehingga dapat menyebabkan kematian karena peradangan😞 organ.

☁️Sindrom Ehlers-Danlos

Sindrom ini merupakan sekelompok kelainan genetik yang mempunyai gejala yang cukup mirip seperti kulit yang mudah meregang, mudah memar, jaringan yang lemah, dan hipermobilitas sendi. Selain itu sindrom ini juga dapat memengaruhi sistem saraf otonom yang digunakan untuk buang air kecil🚽 dan bernapas.


Neuroblastoma, DMD, Batten

✍🏻Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan kanker anak yang langka yang belum diketahui penyebabnya. Biasanya kanker ini menyerang anak dengan usia di bawah 5 tahun🗓️ dan bahkan dapat dialami anak sebelum lahir. Neuroblastoma memerlukan pengobatan jangka panjang bahkan hingga seumur hidup.

💭DMD

DMD atau Duchenne Muscular Dystrophy merupakan penyakit yang memengaruhi otot dalam tubuh yang banyak dialami anak laki-laki🧒🏻. Anak dengan DMD akan mengalami kesulitan berjalan, berlari, mengangkat kepala ketika menginjak usia 2 sampai 6 tahun.

💡Batten

Batten merupakan penyakit langka yang dapat menyerang anak laki-laki maupun perempuan. Biasanya gejala penyakit ini dimulai dari masa balita sampai usia 10 tahun. Penyakit ini menyebabkan anak mengalami kejang, kehilangan penglihatan, kesulitan dalam mengontrol otot, dan menggerogoti jaringan otak🧠.