post-title

Mengajari anak pekerjaan rumah tangga

Mengajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga sejak dini akan memberikan banyak manfaat bagi dirinya. Mengajari si kecil pekerjaan rumah🏠 sesederhana apapun akan menjadi bekal hidup bagi dirinya di masa depan.


Kapan anak sudah bisa diajarkan membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga?

💭Si kecil sudah mulai memahami perintah

Ketika anak sudah telah mulai memahami dan mampu melakukan perintah atau permintaan, maka si kecil sudah bisa mulai diajarkan untuk membantu Anda melakukan pekerjaan rumah tangga🧹 sederhana.

🗓️Usia 1 hingga 2 tahun

Anak usia 1 sampai 2 tahun biasanya telah dapat mengikuti perintah satu langkah. Contohnya “tolong letakkan mainan🚗 ini di keranjang”.


Berbagai manfaat dari mengajarkan anak pekerjaan rumah tangga

💖Meningkatkan kepercayaan diri anak

Ikut melibatkan anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga akan membantu anak mengetahui potensi apa yang ada di dalam dirinya. Anak akan merasa bangga dan puas😊 saat melihat dirinya yang berhasil mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan baik. Hal ini akan membuat tingkat kepercayaan diri anak meningkat.

😉Anak tumbuh lebih mandiri

Anak yang sering ikut membantu orang tuanya mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti membereskan tempat tidur🛏️ dan kamarnya sendiri, mencuci piring, menyapu akan tumbuh menjadi sosok yang mandiri. Anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang bisa diandalkan di rumah.

✨Melatih sikap tanggung jawab

Melatih sikap tanggung jawab anak sedari dini sangatlah penting untuk dilakukan. Memberikan pekerjaan rumah tangga pada anak👧🏻 akan membuat anak terlatih untuk melakukan tugas yang dapat ia kerjakan sendiri tanpa mengandalkan bantuan orang lain.


Pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan usia anak

📌Anak usia 3-6 tahun

Anak usia 3-6 tahun sudah dapat mulai dilatih ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang juga berguna bagi latihan kemandirian si kecil. Contohnya, membantu menata meja makan, merapikan tempat tidurnya sendiri, mengelap permukaan meja, menyortir sendok🥄 garpu saat membersihkan peralatan makan, membantu memberi makan hewan peliharaan.

🧒🏻Anak usia 6-9 tahun

Anak usia 6-9 tahun telah mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang lebih kompleks. Hal tersebut di antaranya, menyiram tanaman, memasukkan pakaian👚 bersih ke lemari, menyapu, menarik seprai dan sarung bantal dari tempat tidurnya.

🚶‍♀️Anak usia 9-12 tahun

Anak pada usia ini sudah lebih mandiri dan dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti orang dewasa. Anak dapat menggunakan mesin penyedot debu, membersihkan kotoran hewan peliharaan, mencuci piring, membantu memotong buah dan sayuran🥕 dengan pisau di bawah pengawasan orang tua, dan membantu menjaga adiknya.