post-title

Berbagai jenis kedisiplinan anak!

Mendidik dan mendisiplinkan anak pastinya bukanlah hal yang mudah. Terdapat berbagai jenis kedisiplinan yang bisa diterapkan pada anak, yang dapat Anda pilih berdasarkan temperamen anak, orang tua💑🏽, serta nilai yang dipegang oleh keluarga. Anda dapat memakai beberapa teknik berbeda dari tiap jenis kedisiplinan berikut.


Pembinaan Emosi, Positive Discipline, Boundary-based Discipline

💖Pembinaan emosi

Melalui pembinaan emosi, anak akan difokuskan pada pengajaran mengenai perasaan. Saat anak dapat memahami perasaan mereka dengan baik, maka mereka bisa mengungkapkannya dengan verbal💭 daripada dengan tindakan. Orang tua akan membantu anak cara menangani emosi mereka dengan tepat.

✍🏻Kedisiplinan positif

Kedisiplinan positif berfokus pada dorongan dan pujian. Orang tua mengajarkan anak🧒🏻 cara memecahkan masalah dan bekerja sama dengan anak dalam mencari solusi dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

📌Kedisiplinan berbasis batas

Dalam kedisiplinan berbasis batas atau boundary-based discipline, penetapan batas-batas dan aturan yang dibuat dengan jelas di depan merupakan fokus yang diajarkan pada anak. Anak akan belajar🤓 untuk mempertimbangkan, mengambil keputusan, serta bertanggung jawab dengan pilihan yang ia ambil.


Gentle Discipline, Modifikasi Perilaku

🌸Kedisiplinan lembut

Kedisiplinan lembut berfokus pada pencegahan masalah. Orang tua mengelola emosi✨ mereka sendiri ketika menangani perilaku buruk anak.

💭Modifikasi perilaku

Dalam modifikasi perilaku, konsekuensi positif dan negatif merupakan fokus yang diajarkan pada anak. Perilaku buruk akan mengakibatkan hilangnya hak istimewa, sedangkan perilaku baik akan diperkuat dengan penghargaan atau pujian👏.