post-title

Progeria, anak mengalami penuaan dini

Terdapat salah satu jenis cacat lahir yang bernama Progeria yang membuat bayi mengalami penuaan lebih awal dengan sangat cepat. Mari, simak informasi selengkapnya mengenai penyakit Progeria✨.


Mengenal lebih dalam Progeria

💡Progeria? Penyakit apa itu?

Progeria merupakan kelainan genetik progresif yang menyebabkan anak mengalami penuaan dini sejak berumur 2 tahun🗓️. Progeria disebut juga dengan Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HPGS) yang merupakan penyakit yang sangat langka terjadi.

📌Perkiraan usia hidup

Perkiraan usia hidup bayi dengan Progeria adalah 13 atau 14 tahun, meskipun beberapa di antaranya meninggal lebih cepat, serta ada juga yang bertahan hidup☘️ hingga lebih dari 20 tahun.


Apa saja gejala penyakit Progeria?

Bayi yang menderita penyakit Progeria akan terlihat normal ketika lahir. Gejala penyakit Progeria baru akan timbul ketika bayi berusia 9 sampai 24 bulan.

📝Gejala penyakit Progeria yang akan muncul

Bayi akan mengalami gejala sendi-sendi kaku, bola mata👀 menonjol, kelopak mata yang tidak dapat menutup dengan sempurna, kulit menipis, muncul bintik-bintik kehitaman, keriput. Pembuluh darah vena anak terlihat dengan jelas, berat dan tinggi badan yang lebih rendah dibandingkan anak seusianya, wajah terlihat lebih kecil dengan hidung seperti paruh burung.

✍🏻Gejala yang terlihat dari masalah kesehatan lain

Terdapat pula gejala yang terlihat dari masalah kesehatan lain yang kerap timbul. Di antaranya, katarak, dislokasi tulang panggul, penyakit jantung❤️, stroke, radang sendi.


Bagaimana cara pengobatan Progeria?

Hingga kini, Progeria belum bisa disembuhkan. Tetapi, anak tetap harus menerima beberapa pengobatan untuk memperlambat komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup.

🏥Pemeriksaan rutin

Anak harus tetap menjalani pemeriksaan kesehatan dengan rutin dengan dokter anak. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan fungsi pendengaran👂, penglihatan, tulang, kulit, dan jantung.

✔️Menjalani fisioterapi

Fisioterapi harus dilakukan oleh penderita progeria guna melatih anggota gerak dan mengurangi rasa nyeri. Terapi okupasi juga dilakukan guna melatih anak dalam melakukan berbagai aktivitas keseharian seperti mandi, berpakaian, dan makan🍴 dengan mandiri.

💊Mengonsumsi obat

Dokter👩‍⚕️ akan meresepkan obat untuk mencegah terjadinya komplikasi. Jenis obat yang diberikan di antaranya obat antikoagulan untuk mencegah terbentuk bekuan darah, obat penurun kolesterol, obat antiplatelet untuk mencegah stroke dan serangan jantung, dan obat antihipertensi guna menurunkan tekanan darah.