post-title

Kelainan satu testis anak?

Normalnya, laki-laki dilahirkan dengan dua buah testis yang berfungsi untuk memproduksi sperma. Tetapi, terdapat kasus tertentu yang membuat si kecil hanya mempunyai satu testis✨ saja atau satu testis yang tidak turun. Hal apa yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut?


Apa yang dimaksud dengan monorchism?

💭Kondisi monorchism

Monorchism merupakan kondisi kesehatan saat laki-laki hanya mempunyai satu testis. Kondisi ini biasanya telah terjadi sejak dalam masa perkembangan embrio yang baru dapat diketahui saat bayi telah lahir👶.

☘️Akankah memengaruhi kesuburan?

Orang dengan satu testis saja juga dapat memproduksi sperma untuk kehamilan, asalkan ia sehat dan tidak mempunyai masalah kesuburan lainnya. Karena itu, tidak perlu khawatir karena banyak orang dengan satu testis yang mempunyai kehidupan seksual yang aktif dan sehat seperti orang🧒🏻 normal lainnya.


Vanishing testis? Satu testis menghilang!

⚡Sindrom regresi testis

Sindrom regresi testis merupakan salah satu kondisi yang membuat satu testis menghilang ketika perkembangan. Kondisi ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon saat hamil🤰, cedera, atau penyakit torsi testis.

✍🏻Dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

Walau tidak dapat diobati, namun penting untuk dilakukan pemeriksaan🏥 lebih lanjut guna memastikan kondisi yang terjadi bukanlah cryptorchidism. Karena sekitar lima persen dari pasien cryptorchidism juga menderita kondisi ini.


Cryptorchidism? Satu testis tidak turun ke skrotum

☁️Kondisi ketika hanya satu testis yang turun

Cryptorchidism merupakan kondisi ketika hanya satu testis yang turun ke dalam skrotum yang diakibatkan oleh gangguan perkembangan janin. Terdapat kurang lebih 10 persen kejadian kedua testis tidak turun yang sering terjadi pada bayi👶 laki-laki yang lahir dengan prematur.

📝Hal yang menyebabkan terjadi cryptorchidism

Sekitar usia 28-40 minggu dalam masa perkembangan janin🤰 normalnya testis memasuki kanal yang disebut inguinalis. Tetapi pada kondisi cryptorchidism, testis tidak menuju ke skrotum.


Orchiectomy? Prosedur pengangkatan testis

❓Apa itu Orchiectomy?

Selain vanishing testis dan cryptorchidism, orchiectomy juga menjadi penyebab lain dari kondisi laki-laki yang hanya memiliki satu testis. Orchiectomy merupakan prosedur pembedahan👩‍⚕️ yang dilakukan untuk mengangkat salah satu atau dua testis karena beberapa proses patologis.

🙋Mengapa dilakukan hal tersebut?

Prosedur pengangkatan testis dapat dilakukan karena berbagai alasan😞. Seperti adanya cedera serius, kanker prostat, tumor testis, atau penyakit torsi testis.