post-title

Duh.. Si kecil mimisan saat tidur!

Sebagai orang tua, Anda pasti akan terkejut dan khawatir jika tiba-tiba si kecil mengalami mimisan, apalagi ketika sedang tidur. Apa saja ya penyebab anak mengalami mimisan ketika sedang tidur😴 dan bagaimana cara mengatasinya?


Hal yang membuat si kecil mimisan ketika tidur

🍃Si kecil menderita infeksi sinusitis

Jika si kecil mengalami infeksi saluran pernapasan atau sinusitis, maka ia dapat mengalami mimisan saat tidur. Mimisan ketika tidur juga bisa terjadi karena anak mengalami gangguan pembekuan darah yang diakibatkan oleh efek samping obat-obat💊 tertentu.

🌬️Udara kering

Udara yang kering merupakan salah satu penyebab dari anak mimisan ketika tidur. Saluran hidung yang terlalu kering membuat hidung mengalami iritasi yang menyebabkan terjadinya perdarahan yang membuat hidung👃 si kecil mimisan.

🤏Anak sering mengorek hidung terlalu dalam

Jika anak memiliki kebiasaan sering mengorek hidung apalagi terlalu dalam, maka hal tersebut dapat membuat anak mengalami mimisan. Hal ini terjadi karena bagian ujung kuku yang digunakan untuk mengorek mengenai bagian hidung yang menyebabkan pembuluh darah kecil di dalam hidung terluka😖.


Yang harus dilakukan saat anak mimisan ketika tidur

🛏️Bangunkan perlahan

Pertama, bangunkan anak dengan perlahan. Hindari membangunkan anak dengan mendadak karena Anda merasa panik☹️ karena anak dapat terkejut dan ikut panik.

👧🏻Posisikan kepala miring ke depan

Lalu, posisikan anak untuk duduk tegak dengan kepala miring ke depan. Hindari mendongakkan kepala ke atas untuk menghindari darah mengalir ke bagian belakang tenggorokan yang dapat menyebabkan anak tersedak💨.

👃Menjepit pangkal hidung dengan jari

Selama beberapa menit, jepit pangkal hidung anak dengan jari. Beritahu anak untuk bernapas dengan mulut👄 untuk sementara.

🌊Kompres pangkal hidung si kecil

Kompres pangkal hidung si kecil dengan kompres dingin selama kurang lebih 15 menit⏲️. Setelah mimisan berhenti, biarkan anak untuk cukup beristirahat.