post-title

Neuroblastoma, kanker saraf pada anak

Sangat penting bagi orang tua untuk selalu mengetahui kondisi kesehatan anak. Salah satu masalah kesehatan yang perlu orang tua waspadai adalah kanker. Hal ini karena sel kanker✨ tumbuh dengan cepat yang dapat berakibat fatal apabila terlambat ditangani.


Apa itu neuroblastoma?

☁️Salah satu jenis kanker langka

Neuroblastoma adalah salah satu jenis kanker langka yang biasanya menyerang anak-anak pada usia bayi sampai balita👶. Keberadaan kanker ini sangat sulit untuk dideteksi karena memiliki gejala yang mirip dengan penyakit anak pada umumnya.

🗓️Bayi di bawah usia 5 tahun

Neuroblastoma merupakan jenis kanker yang paling umum menyerang bayi di bawah usia 5 tahun. Kanker ini dapat timbul sejak janin berada di dalam kandungan🤰 saat sistem saraf tubuh mulai terbentuk. Namun, keberadaannya baru dapat dideteksi saat kanker ini telah menyebar ke semua bagian tubuh.


Tanda-tanda dan penyebab neuroblastoma anak

❓Apa yang menyebabkan neuroblastoma pada anak?

Neuroblastoma dimulai dengan mutasi genetik yang menyebabkan sel sehat dan normal untuk terus bertumbuh tanpa menanggapi sinyal untuk berhenti. Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti💭 apa yang menyebabkan mutasi genetik awal yang mengarah pada neuroblastoma.

💡Tanda awal neuroblastoma anak

Tanda neuroblastoma yang dialami anak dapat berbeda tergantung dengan lokasi dan ukuran dari tumor. Sedangkan gejala awal dari neuroblastoma adalah perut yang terlihat buncit, anak mengalami demam, sering merasa nyeri, merasa sangat lelah, hilang nafsu makan🍴, menjadi mudah marah, dan terlihat lingkaran hitam pada sekitar mata.


Cara mengobati neuroblastoma

🏥Operasi pembedahan

Operasi pembedahan dilakukan untuk mengangkat tumor untuk mengatasi🤏 neuroblastoma yang belum menyebar. Apabila tumor tidak dapat diangkat seluruhnya, maka anak bisa menerima kemoterapi atau radioterapi untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.

👩‍⚕️Radioterapi

Radioterapi atau disebut juga dengan terapi radiasi merupakan pengobatan dengan memakai sinar-x berenergi tinggi atau partikel lain yang dapat menghancurkan sel kanker. Tetapi, terapi radiasi dapat mengakibatkan masalah dengan pertumbuhan otak🧠 anak, testis atau ovarium anak sehingga dokter mungkin memilih pengobatan lain.

✔️Kemoterapi

Kemoterapi merupakan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan💊 untuk menghancurkan sel kanker. Kemoterapi bisa mencegah sel kanker tumbuh sehingga tumor dapat mengecil dan dilakukan operasi untuk mengangkatnya.