post-title

Yuk kenali growth spurt anak usia 3-5 tahun!

Pernahkah Anda mendengar istilah growth spurt? Growth spurt merupakan peningkatan pertumbuhan yang dialami oleh balita👧🏻. Mungkin Anda pernah merasa bahwa baju yang dikenakan oleh si kecil sangat cepat mengecil. Hal ini karena si kecil sedang mengalami percepatan pertumbuhan yang disebut dengan growth spurt.


Apa itu growth spurt dan gejalanya?

🙋Apa yang dimaksud dengan growth spurt?

Berdasarkan National Institutes of Health (NIH), growth spurt adalah peningkatan cepat yang umumnya dialami ketika masa pertumbuhan yang didorong oleh hormon✨ yang dipicu pada awal pubertas. Anak juga akan mengalami percepatan pertumbuhan saat berada di tengah pubertas dengan mengalami pertumbuhan sebesar dua kali lipat.

💭Tanda anak mengalami growth spurt

Saat mengalami biasanya anak akan makan lebih banyak dan tidur lebih banyak. Pada saat ini, orang tua sebaiknya tetap menjaga kebiasaan sehat anak dan pola makan🍽️ anak agar anak tidak mengalami lonjakan pertumbuhan.


Lonjakan pertumbuhan anak

☘️Grafik pertumbuhan anak

Dokter anak biasanya akan melakukan pengecekan pertumbuhan jangka panjang anak guna mengetahui bahwa kurva pertumbuhan sama dengan anak seusianya. Anda dapat melihat grafik pertumbuhan Centers for Disease Control and Prevention atau CDC. Grafik pertumbuhan anak laki-laki🧒🏻 dan perempuan biasanya mulai dari usia 2 hingga 20 tahun.

❓Kapan lonjakan pertumbuhan anak perempuan dan laki-laki terjadi?

Lonjakan pertumbuhan anak laki-laki biasanya terjadi ketika anak menginjak usia 12 tahun🗓️ atau memasuki pubertas. Sedangkan anak perempuan biasanya akan mengalaminya ketika mendapatkan menstruasi pertamanya.

💡Keterlambatan pertumbuhan

Jika si kecil mengalami pertumbuhan dari kurva yang tidak seimbang, maka hal ini berarti anak kekurangan hormon pertumbuhan. Anda dapat meminta dokter👩‍⚕️ anak untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.