post-title

Sindrom Nefrotik, gangguan ginjal anak

Ginjal merupakan organ tubuh penting yang berperan dalam menyaring limbah berlebih dari tubuh manusia. Terdapat suatu penyakit ginjal yang dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa🚶‍♀️ yang bernama sindrom nefrotik. 


Mengenal lebih dalam sindrom nefrotik

✍🏻Sindrom nefrotik, sindrom apa itu?

Sindrom nefrotik merupakan kerusakan pada ginjal yang membuat kadar protein di dalam urine🚽 menjadi meningkat. Kebocoran pada bagian ginjal yang berperan dalam menyaring darah membuat kadar protein menjadi meningkat.

📌Bagaimana gejala sindrom nefrotik yang dialami anak?

Terdapat beberapa gejala sindrom nefrotik yang dapat dialami oleh anak. Di antaranya, terdapat darah di dalam urin, anak kehilangan selera makan, terdapat gejala infeksi seperti lesu, sakit perut🤢, dan demam.

Selain itu, hiperlipidemia atau tingginya kadar kolesterol dan lemak darah anak, albuminuria atau kadar albumin yang tinggi pada urin anak, edema atau pembengkakan yang paling sering dialami pada kaki🦶, tungkai, pergelangan kaki juga merupakan gejala dari sindrom nefrotik.


Apa saja jenis-jenis sindrom nefrotik?

✨Sindrom nefrotik primer

Sindrom nefrotik primer terjadi karena glomerulus mengalami perubahan yaitu penebalan atau pembentukan jaringan parut sehingga tidak bisa😞 berfungsi dengan normal. Penyebab dari mengapa perubahan dapat terjadi belum diketahui dengan jelas.

📝Sindrom nefrotik sekunder

Sindrom nefrotik sekunder biasanya terjadi karena adanya penyakit lain☹️ yang mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Penyakit tersebut di antaranya kanker leukemia atau limfoma, sindrom Sjogren, lupus, infeksi seperti HIV, kusta, penyakit hepatitis B, hepatitis C, atau diabetes.


Bagaimana pengobatan dari sindrom nefrotik anak?

🥄Perubahan pola makan

Orang tua sebaiknya merubah pola makan anak. Di antaranya dengan mengurangi asupan cairan yang diminum anak per harinya, membatasi konsumsi garam🧂 per hari, makan makanan rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh guna mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

🏥Pengobatan berdasarkan tipe sindrom nefrotik

Sindrom nefrotik primer biasanya diobati dengan obat-obatan. Sindrom nefrotik sekunder diobati dengan cara mengobati penyakit utamanya. Sedangkan sindrom nefrotik kongenital akan ditangani dengan obat-obatan💊, operasi mengangkat ginjal, serta transplantasi.