post-title

Apakah balita boleh minum parasetamol?

Ketika si kecil mengalami demam, maka orang tua biasanya akan langsung memberikan obat parasetamol. Tetapi, sebenarnya bolehkah memberikan parasetamol💊 pada bayi?


Bolehkah si kecil minum obat parasetamol?

📌Parasetamol, obat penghilang rasa sakit

Parasetamol biasanya sering digunakan dalam mengobati gejala pilek, sakit kepala, sakit telinga, sakit perut, dan demam. Obat ini terdapat dalam bentuk sirup maupun tablet yang umum diberikan pada anak-anak🧒🏻.

👶Namun, apakah balita boleh diberikan parasetamol?

Anda dapat memberikan parasetamol pada bayi dengan umur di atas tiga bulan, dan anak-anak. Obat ini aman apabila diberikan dengan dosis yang benar😉. 


Mulai usia berapa anak boleh minum parasetamol?

🗓️Anak boleh diberi parasetamol sejak umur berapa?

Mulai usia 2 bulan, anak sudah dapat minum parasetamol dalam bentuk sirup cair🌊. Sedangkan mulai usia 6 tahun, anak dapat mengonsumsi parasetamol dalam bentuk tablet.

📝Dosis pemberian parasetamol pada anak

Berdasarkan National Health Service, dosis parasetamol untuk bayi dalam bentuk sirup berukuran 120 mg/ 5ml adalah sebagai berikut. Untuk usia 3-6 bulan sebanyak 2,5ml, usia 6-24 bulan 5ml, usia 2-4 tahun 7,5ml, dan usia 4-6 tahun 10ml. Sedangkan pemberian dosis parasetamol untuk anak-anak disesuaikan dengan berat badannya⚖️.


Berbagai penyebab anak mengalami overdosis parasetamol

👀Tidak teliti saat memberikannya

Salah membaca cara penggunaan atau terburu-buru ketika menakar parasetamol dapat membuat anak mengalami overdosis😢. Selain itu, tidak tahu jika mungkin pengasuh anak telah memberikannya pada anak juga merupakan penyebab anak mengalami overdosis.

☁️Menggabungkan obat

Banyak obat pilek yang telah mengandung parasetamol sehingga dapat membahayakan jika misalnya anak diberikan obat pilek dan obat demam ketika sedang flu. Hindari pula memberikan dosis lebih tinggi dari yang direkomendasikan dokter👩‍⚕️ karena berpikir semakin tinggi dosisnya anak akan semakin cepat sembuh. Ini adalah hal yang salah dan berbahaya.