post-title

Duh… Si kecil sulit BAB saat jalan-jalan

Saat musim liburan, biasanya Anda akan merencanakan untuk pergi berlibur bersama dengan si kecil. Nah, namun saat tengah pergi liburan, bisa saja si kecil tiba-tiba jadi sulit buang air besar. Mari kenali penyebab dan cara mengatasinya agar liburan si kecil dapat tetap menyenangkan😊!


Berbagai penyebab si kecil menjadi sulit BAB ketika jalan-jalan

💭Si kecil kurang serat

Saat bepergian, Anda tidak dapat mengontrol sepenuhnya makanan yang dikonsumsi anak. Hal ini menyebabkan si kecil kurang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah🥑.

🪑Si kecil duduk dalam waktu yang lama

Berada di dalam kendaraan saat bepergian ke tempat yang jauh membuat si kecil duduk diam dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dapat membuat si kecil menjadi sulit untuk BAB🚽.

🍽️Pola makan yang berubah

Pola makan si kecil yang berubah ketika pergi berlibur, misalnya mencoba berbagai makanan baru dari daerah tempat berlibur dapat membuat pencernaannya menjadi terganggu. Si kecil juga bisa jadi hilang nafsu makan🍴 karena tidak terbiasa dengan makanan yang dikonsumsinya selama berlibur.

🌊Anak mengalami dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab utama dari anak sulit BAB. Dehidrasi membuat tubuh menyerap lebih banyak air termasuk air dari sisa makanan dan minuman di usus besar yang menyebabkan tinja si kecil menjadi keras yang membuatnya sulit untuk BAB🧻.


Tips atasi sulit BAB pada anak ketika jalan-jalan

🥛Pastikan si kecil cukup minum air putih

Pastikan si kecil selalu cukup minum air putih ketika bepergian. Cukup mengonsumsi air putih penting bagi tubuh agar BAB si kecil tetap lancar🍃.

💨Melakukan peregangan badan 

Anda dapat mengajak si kecil untuk melakukan peregangan badan sederhana selama di perjalanan. Contohnya, dengan menggerak-gerakkan leher, meregangkan lengan, menggerakkan kaki🦶 maju-mundur.

🥦Tetap memberikan si kecil makanan berserat

Anda sebaiknya tetap berusaha memberikan si kecil makanan berserat selama berlibur. Anda dapat memberikan pisang🍌, apel, dan sayur-sayuran agar kebutuhan seratnya tetap tercukupi dengan baik.