post-title

Atasi biang keringat pada balita!

Cuaca yang panas☀️ dapat menyebabkan munculnya biang keringat pada tubuh si kecil. Biang keringat disebut juga dengan prickly heat atau miliaria. Meskipun biang keringat akan hilang dengan sendirinya, namun anak akan merasa tidak nyaman. Bagaimana cara mengatasi biang keringat?


Jenis-jenis biang keringat anak

📌Miliaria Kristalina

Jenis biang keringat ini merupakan jenis biang keringat yang paling ringan dan sering dialami bayi yang baru lahir👶. Biang keringat ini berbentuk bintil-bintil yang berisi cairan jernih yang berdiameter 1 hingga 2 mm, yang timbul terutama sesudah terpapar suhu panas. Biang keringat jenis ini akan menghilang dengan sendirinya.

✨Miliaria Rubra

Jenis biang keringat miliaria rubra lebih berat dibandingkan miliaria kristalina. Ciri dari biang keringat jenis ini adalah bintil-bintil merah dengan cairan jernih disertai dengan rasa perih⚡ dan gatal.

✍🏻Miliaria Profunda

Miliaria profunda merupakan jenis biang keringat yang paling parah😞. Jenis biang keringat ini bisa terjadi jika malaria rubra terjadi dengan berulang-ulang. Ciri dari biang keringat jenis miliaria profunda adalah bintil putih yang keras, tidak berwarna merah, dan tidak gatal. 


Penyebab biang keringat si kecil

💨Anak kepanasan

Kepanasan dapat membuat kelenjar keringat menjadi tersumbat yang membuat si kecil mengalami biang keringat. Tidur dengan selimut yang tebal ketika suhu sedang panas, mengenakan pakaian👚 yang terlalu tebal dapat membuat si kecil kepanasan.

🚶‍♀️Melakukan berbagai aktivitas fisik

Melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari-lari di taman di tengah cuaca panas dapat membuat si kecil🧒🏻 menjadi berkeringat yang menimbulkan biang keringat. Selain itu, kelenjar keringat balita biasanya belum berkembang dengan sempurna yang mengakibatkan keringat menjadi lebih mudah tertahan di dalam kulit.


Solusi mengatasi biang keringat si kecil

🌬️Pastikan kulit tetap dingin

Anda dapat menjaga kulit anak untuk tetap dingin dengan membiarkan anak mandi🚿 dengan air dingin. Selain itu, pastikan suhu ruangan tetap sejuk agar anak merasa nyaman.

✔️Memberikan pakaian yang tidak tebal

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun dan mudah menyerap keringat. Pastikan juga pakaian👚 si kecil tidak terlalu ketat dan tebal sehingga ia merasa nyaman.