post-title

Apakah bayi boleh minum air kelapa?

Air kelapa memang menyegarkan dan mengandung berbagai nutrisi. Namun, Anda mungkin tetap merasa ragu, apakah bayi sudah boleh diberikan air kelapa? Apa saja manfaat dan efek samping dari air kelapa🥥 bagi balita?


Apa saja kandungan gizi dalam air kelapa?

✨Air kelapa yang kaya akan nutrisi

Air kelapa mengandung berbagai gizi dan vitamin yang baik bagi kesehatan si kecil. Di dalam 100 gram air kelapa, terdapat 19kCal energi, 20 mg fosfor, 24 mg kalsium, 250 mg kalium, 25 mg magnesium, vitamin C🍊, zat besi, protein.

📌Mengandung monolaurin

Air kelapa mengandung monolaurin yang dapat memperkuat sistem imun tubuh bayi dalam melawan infeksi, penyakit, dan menjaga bayi dari flu. Namun, ketika memberikan air kelapa untuk si kecil👧🏻, jangan lupa untuk memilih air kelapa murni tanpa tambahan pemanis dan hindari memberikannya secara berlebihan.


Mulai kapan si kecil boleh minum air kelapa?

📅Berusia lebih dari 6 bulan

Bayi baru boleh mengonsumsi air kelapa jika telah berusia lebih dari 6 bulan atau jika sudah mengonsumsi MPASI🥄. 

❓Bagaimana cara memberikan air kelapa untuk si kecil?

Anda dapat memberikan air kelapa untuk si kecil dalam berbagai cara. Air kelapa dapat diberikan langsung dengan diminum🥛, diolah ke dalam camilan si kecil, maupun menu MPASI si kecil.


Berbagai manfaat dari air kelapa bagi si kecil

🌊Hidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit

Air kelapa mengandung mengandung banyak mineral di antaranya fosfor, mangan, zat besi, kalsium, dan magnesium yang berperan dalam perkembangan tulang🦴 si kecil. Air kelapa juga bermanfaat dalam menjaga keseimbangan elektrolit bayi dan minum rehidrasi.

🚽Membantu menyembuhkan sembelit

Air kelapa merupakan sumber serat yang dapat membantu meredakan sembelit yang dialami bayi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak asam amino yang menjadikannya sumber protein yang baik untuk si kecil🧒🏻.


Efek samping dari air kelapa bagi balita jika dikonsumsi secara berlebihan

🧻Air kelapa bersifat diuretik

Air kelapa jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan bermanfaat dalam menjaga asupan cairan dalam tubuh. Namun, jika si kecil diberikan air kelapa dengan berlebihan, maka hal ini dapat mengganggu tidurnya🛏️ karena ia akan bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil karena air kelapa yang bersifat diuretik.

💭Meningkatkan kadar gula darah

Meskipun air kelapa🥥 tidak termasuk dalam minuman yang manis, namun tetap mengandung kalori yang cukup tinggi. Karena itu, hindari memberikan si kecil air kelapa setiap hari apalagi untuk menggantikan air mineral.

☹️Tidak baik bagi anak yang rentan alergi

Berdasarkan penelitian dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology, orang yang rentan mengalami alergi kacang🥜 ataupun alergi lainnya sebaiknya berhati-hati ketika mengonsumsi air kelapa. Hal ini karena pada dasarnya kelapa merupakan kacang pohon.

⚡Berisiko menyebabkan hiperkalemia

Air kelapa mengandung kadar potasium yang tinggi yang membuatnya dapat mengembalikan energi si kecil sesudah melakukan berbagai aktivitas. Namun, jika air kelapa dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan kondisi hiperkalemia, kadar kalium dalam darah yang terlalu tinggi yang menyebabkan pusing💨, hingga hilang kesadaran.