post-title

Apa balita boleh minum susu ketika diare?

Diare merupakan salah satu penyakit yang umum dialami anak. Susu kerap diberikan untuk menjaga agar kadar cairan dalam tubuh anak tetap tercukupi. Namun, sebenarnya apakah aman jika bayi tetap diberikan susu ketika sedang diare🚽?


Diare pada anak dan penyebabnya

🧻Mengenal lebih dalam diare pada anak

Diare merupakan kondisi saat tinja anak berair, encer, dan anak sering ke kamar mandi untuk buang air besar. Biasanya, sebagian besar diare anak disebabkan oleh infeksi virus🦠 seperti ratrovirus.

📝Penyebab diare yang dialami anak

Diare yang dialami oleh anak dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Di antaranya, infeksi virus🦠, infeksi bakteri, reaksi pada obat, gangguan kerja lambung dan usus, intoleransi makanan, parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui air atau makanan, operasi pada kantong empedu atau perut, dan alergi makanan.


Si kecil tetap diberikan susu saat diare, boleh atau tidak?

📌Ketahui penyebab diare

Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab anak mengalami diare untuk menentukan apakah anak tetap boleh diberikan susu atau tidak ketika diare. Apabila penyebab si kecil mengalami diare adalah karena susu🍼, maka si kecil tidak boleh minum susu dahulu selama masih mengalami diare.

🙋Cairan apa yang dapat diberikan pada anak ketika diare?

Saat diare, tubuh anak akan kehilangan elektrolit dan garam, karena itu penting untuk menjaga agar tubuh anak tetap terhidrasi dengan baik. Anda dapat memberikan cairan seperti air🌊, larutan gula-garam seperti oralit, kuah sup. Hindari memberikan minuman manis dan minuman bersoda.


Mengenal alergi susu dan intoleransi laktosa

❓Alergi susu? Apa saja gejalanya?

Anak yang mengalami alergi susu biasanya akan mengalami diare, gejala pilek, mengi, atau ruam. Biasanya gejala ditandai dengan saat balita yang telah disusui lalu mulai diberikan susu sapi🐄 mengalami diare.

💡Apa yang dimaksud dengan intoleransi laktosa?

Gejala dari anak yang mempunyai kondisi intoleransi laktosa adalah ia akan mengalami diare sesudah mengonsumsi produk susu seperti keju, atau susu. Biasanya anak juga akan mengalami mual, sakit perut, gas🌬️ sesudah mengonsumsi makanan dengan kandungan laktosa.