post-title

Anak mengalami mata ikan!

Pernahkah si kecil mengeluhkan kakinya yang tidak nyaman sesudah memakai sepatu baru👟? Kemungkinan ia mengalami mata ikan pada kakinya. Apa itu mata ikan? Bagaimana menanganinya?


Mengenal lebih dalam mata ikan

🙋Apa itu mata ikan?

Mata ikan tidak hanya dialami orang dewasa, namun juga anak-anak. Mata ikan atau clavus adalah bentol kasar dan keras di kulit yang terasa sakit. Permukaan kulit anak yang masih lembut membuatnya lebih rentan mengalami mata ikan pada telapak kakinya🦶.

❓Apa saja tanda-tandanya?

Tanda-tanda anak memiliki mata ikan pada telapak kakinya adalah terdapat pengerasan, penonjolan, penebalan pada area kulit. Kulit anak yang mengalami mata ikan juga menjadi kering dengan sisik, lecet, nyeri⚡, dan berwarna kemerahan.


Berbagai penyebab anak mengalami mata ikan

💡Ukuran sepatu yang tidak sesuai

Ukuran sepatu anak yang terlalu kecil atau sempit, tidak menggunakan kaus kaki🧦 ketika memakai sepatu dapat membuat kaki anak mengalami mata ikan.

🦴Kelainan struktur tulang atau bentuk jari anak

Kelainan bentuk tangan✋ dan kaki dapat memperbesar risiko anak untuk mengalami mata ikan. Kelainan struktur tulang dan bentuk jari seperti hammer toe juga dapat menjadi penyebab mata ikan.


Cara mengobati dan mencegah mata ikan pada anak

💭Cara mengobati mata ikan anak

Biasanya mata ikan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan. Tapi, Anda juga dapat mengobatinya dengan membeli salep✨ mata ikan yang sesuai dengan kondisi kulit anak.

✔️Cegah mata ikan pada anak dengan cara berikut!

Anda dapat mencegah anak mengalami mata ikan dengan membiasakan si kecil untuk mengenakan sepatu yang tidak terlalu sempit yang juga memberi cukup ruang🌬️ pada jari kakinya. Selain itu, pastikan anak untuk memakai kaus kaki atau sarung tangan dengan bahan yang nyaman ketika akan berolahraga atau beraktivitas dengan perkakas.