post-title

Tips hadapi anak yang tertutup

Mungkin Anda pernah mendapati si kecil menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda hanya dalam satu dua patah kata. Bagaimana ya cara agar si kecil menjadi lebih terbuka pada orang tua💑🏽? Simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Hindari melakukan hal berikut ini!

✋Pastikan untuk tidak memotong saat anak sedang bercerita

Hindari memotong pembicaraan ketika anak sedang bercerita. Memotong anak yang sedang bercerita bahkan dengan pembicaraan lain lama-lama dapat membuatnya merasa malas untuk bercerita panjang-panjang💨 pada Anda.

☁️Hindari memaksa anak untuk melakukan kegiatan kelompok

Hindari memaksa anak untuk melakukan kegiatan kelompok jika bukan dari keinginannya sendiri. Memaksa apalagi sampai memarahi anak malah akan membuatnya semakin tertekan😞.


Lakukan tips-tips berikut ini untuk membuat anak menjadi lebih terbuka!

👩‍🦱Mengulangi hal atau cerita yang disampaikan oleh anak

Mengulangi kembali cerita yang disampaikan anak pada Anda akan membuat anak merasa dihargai. Contohnya, ketika si kecil sedang bercerita ada temannya yang menangis di kelas tadi Anda dapat mengulangi ceritanya dalam garis besar, “Ooo tadi di kelas ada teman yang nangis😭?”.

✨Memancing anak dengan memulai obrolan kecil

Anda dapat memancing anak untuk bercerita dengan memulai obrolan kecil seperti menanyakan kegiatannya hari ini, hal apa yang terjadi di sekolah. Ketika si kecil sudah mulai bercerita, Anda dapat kembali memancing anak untuk meneruskan ceritanya. Contohnya, “Ohya? Trus abis itu kelanjutannya gimana dek, Mama penasaran😊”.

👏Menghargai usaha anak ketika memberanikan diri bersosialisasi

Pastikan untuk menghargai usahanya ketika anak telah berusaha untuk memberanikan diri bersosialisasi dengan banyak orang🚶‍♀️. Hindari menyindir atau menertawakan usahanya.

✔️Memberikan tanggapan yang tepat tanpa memotong pembicaraan anak

Anda dapat memberikan tanggapan tanpa memotong anak👧🏻 yang sedang bercerita. Contohnya, berikan tanggapan dengan menganggukan kepala, “ooo, terus terus?”, atau berikan senyuman.