post-title

Trombositopenia? Apa itu?

Apakah Anda pernah merasa menjadi mudah lelah saat hamil? Hal ini adalah hal yang biasa terjadi ketika hamil🤰. Tetapi, apabila disertai dengan sakit kepala akut, mimisan, dan memar maka Anda harus waspada.


Apa yang dimaksud dengan Trombositopenia?

☁️Apa itu Trombositopenia?

Trombositopenia merupakan komplikasi kehamilan ketika jumlah trombosit✨ dalam sel darah merah rendah. Jumlah trombosit normal adalah antara 150.000 hingga 450.000 trombosit per mikroliter darah. Seseorang dianggap mengalami trombositopenia apabila jumlah trombosit di bawah 150.000 trombosit.

⚡Gejala-gejala dari Trombositopenia

Walau trombositopenia hanya dapat didiagnosis dengan akurat oleh dokter👩‍⚕️, namun terdapat beberapa gejala. Di antaranya, mudah merasa lelah, terdapat darah dalam urin atau tinja, mimisan, mudah memar, mengalami petechiae atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit, atau pendarahan gusi ketika menyikat gigi atau flossing.


Hal apa yang menyebabkan Trombositopenia saat hamil?

💡Penyebab Trombositopenia

Penyebab paling umum biasanya adalah gangguan ringan trombositopenia gestasional. Hal ini biasanya tidak berisiko menimbulkan komplikasi⚡ kehamilan yang lebih tinggi.

✍🏻Cara menangani Trombositopenia ketika hamil

Biasanya akan diperlukan perawatan medis jika jumlah trombosit hanya berada di kisaran 80.000 per mikroliter. Namun, kondisi tubuh yang kekurangan trombosit secara umum dapat ditangani dengan mengatur pola makan lebih sehat, terutama makanan yang mengandung vitamin B12, seperti kacang polong, susu, sayuran hijau🥦, sereal, daging sapi tanpa lemak.