post-title

Elus-Elus Perut saat Hamil!

Ibu hamil pastinya pernah mengelus-elus perutnya sebagai tanda cinta bagi sang buah hati. Nah, sebenarnya, apakah bayi di dalam kandungan bisa merasakan elusan✋ ibunya? Simak informasinya berikut ini!


Bayi bisa merasakan elusan perut saat hamil?

❓Apakah bayi di dalam kandungan bisa merasakan elusan ibunya?

Bayi sudah bisa mulai merasakan elusan ibunya ketika berusia 18 minggu sampai 22 minggu di dalam kandungan. Indra sentuhan merupakan yang paling pertama berkembang sebelum indra pendengaran dan penglihatan👀.

🙋Cara bayi merespon elusan ibunya

Melalui penelitian, dilakukan tes sonogram pada beberapa perempuan hamil pada trimester kedua dan ketiga kehamilan guna mengetahui respon bayi saat ibunya mengelus, memegang perut atau berbicara. Hasilnya, bayi di dalam kandungan merespon dengan cara menggerakkan kepala, tangan, mulutnya👄.


Manfaat mengelus perut ketika hamil

✨Meringankan rasa nyeri ketika melahirkan

Selain ibu hamil, suami juga bisa ikut mengelus perut ibu hamil. Dengan melakukan stimulasi ini, dapat meringankan rasa nyeri ketika melahirkan dan membantu mencegah bayi lahir prematur atau dengan berat badan rendah.⚖️

🧠Menstimulasi perkembangan otak

Tindakan mengelus perut saat hamil bisa menstimulasi perkembangan otak janin. Karena itu, anak juga bisa tumbuh menjadi lebih cerdas😊. Faktor lingkungan dalam kandungan juga ikut memengaruhi perkembangan anak nantinya.


Eratkan hubungan dengan bayi dalam kandungan dengan cara berikut!

💭Mengajak bicara

Janin mulai dapat mendengar suara atau bunyi yang berasal dari luar rahim sejak minggu ke-23 kehamilan. Anda dapat mengajak bicara bayi dengan rutin untuk mempererat hubungan dengan bayi👶 di dalam kandungan.

📘Membacakan cerita

Janin di dalam kandungan akan mengenali suara Anda jika Anda sering mengajaknya berbicara atau membacakan cerita dengan rutin. Dengan membacakan cerita, pendengaran👂 anak di dalam kandungan juga dapat terlatih.

🎵Menyetelkan lagu

Janin di dalam kandungan dapat merasakan dan mendengar getaran dari musik yang diputar. Anda dapat menyetelkan lagu kesukaan Anda atau lagu klasik🎹 yang menenangkan bagi si kecil.