post-title

Baby Blues saat Hamil!

Pernahkah Anda mendengar istilah baby blues? Baby blues merupakan suatu kondisi saat ibu mengalami depresi sesudah melahirkan. Namun sebenarnya, baby blues💙 juga dapat dirasakan ibu saat masih hamil.


Gejala baby blues ketika masa kehamilan

😞Keinginan untuk menutup diri

Keinginan untuk menutup diri atau menjauh dari keluarga merupakan salah satu pertanda ibu hamil mengalami baby blues ketika masa kehamilan. Hal ini bisa terjadi dari rasa stres akibat perubahan fisik tubuh, hormon, ataupun omongan💭 orang sekitar ketika hamil.

🛏️Memiliki pola tidur yang terganggu

Perut yang membesar tentunya akan membuat tubuh terasa kurang nyaman saat hendak tidur😴. Kurang tidur atau kualitas tidur yang kurang baik saat hamil dapat menyebabkan munculnya gejala baby blues.

✨Memiliki kecemasan yang berlebihan

Rasa cemas yang berlebih ketika hamil🤰 seperti membayangkan proses persalinan pastinya akan sedikit banyak membuat ibu hamil merasa cemas. Kecemasan yang berlebihan yang membuat stres akan membuat gejala awal sindrom baby blues muncul.


Cegah dan atasi baby blues ketika hamil dengan cara berikut!

⏲️Tidur dengan cukup

Usahakan untuk tidur dengan cukup tiap harinya🌙. Meningkatkan kualitas tidur ketika hamil dapat membantu mengatasi gejala dari baby blues.

💡Berolahraga ringan

Anda dapat berolahraga ringan atau sekedar berjalan-jalan santai di sekitar rumah🏠 ketika pagi atau sore hari. Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon serotonin yang akan meningkatkan mood Anda.

💭Bercerita pada keluarga

Anda dapat menceritakan rasa takut atau cemas yang Anda alami pada suami atau keluarga terdekat Anda. Jika hal ini masih kurang menolong, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater👩‍⚕️.