post-title

Berat Badan Malah Turun di Trimester 3?

Biasanya berat badan akan terus naik ketika sedang hamil. Namun, bagaimana apabila berat badan malah turun di trimester ketiga🗓️. Apa penyebabnya dan harus bagaimana?


Wajarkah jika berat badan malah turun di trimester ketiga?

🙋Apakah wajar berat badan turun di trimester terakhir?

Biasanya berat badan ibu hamil akan mengalami kenaikan yang maksimal pada akhir trimester ketiga. Namun, beberapa ibu hamil malah mengalami penurunan berat badan⚖️. Hal ini terjadi karena tubuh tengah melakukan persiapan untuk persalinan dan bersiap untuk penurunan berat badan yang lebih banyak sesudah selesai melahirkan.

💡Lalu, apakah harus khawatir?

Ibu hamil perlu khawatir apabila penurunan berat badan terjadi dengan drastis. Karena, hal ini dapat mengancam pertumbuhan janin👶.


Mengapa berat badan menurun di trimester terakhir?

🚶‍♀️Aktivitas yang padat dan menurunnya nafsu makan

Apabila ibu hamil melakukan aktivitas yang padat, semakin banyak kalori yang dikeluarkan, sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Mendekati waktu persalinan, ibu hamil juga akan kehilangan nafsu makan🍳 yang membuat berat badan menurun.

🌊Cairan ketuban yang berkurang

Di trimester akhir, cairan ketuban akan berkurang. Hal ini pun membuat berat badan ibu hamil ikut menurun. Di akhir kehamilan, tubuh ibu hamil juga akan sering mengeluarkan keringat✨ yang menyebabkan berat badan turun.


Yang harus dilakukan!

📝Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum🥛 air putih 8 sampai 12 gelas setiap harinya. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar.

✔️Tetap memastikan asupan nutrisi tercukupi

Meskipun nafsu makan menurun, pastikan untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisi bayi di dalam kandungan. Tetap konsumsi makanan bergizi dan mengandung nutrisi seperti protein dan DHA yang baik bagi perkembangan otak🧠 si kecil.