post-title

Plasenta Lengket di Rahim!

Plasenta atau ari-ari berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin👶. Plasenta akan ikut dilahirkan saat melahirkan. Tapi, bagaimana jika plasenta lengket di rahim?


Mengenal lebih dalam retensio plasenta

❓Apa yang dimaksud dengan plasenta lengket?

Plasenta lengket (retensio plasenta) merupakan suatu keadaan saat plasenta tertinggal sebagian di rahim atau sulit dikeluarkan ketika proses persalinan. Plasenta dikatakan lengket apabila tidak dapat dilahirkan hingga lebih dari 30 menit⏲️ sesudah bayi lahir.

🙋Apa saja penyebab plasenta lengket?

Plasenta lengket dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya, kontraksi yang tidak kuat, ketuban pecah dini✨, riwayat pernah mengalami retensio plasenta, ukuran plasenta yang terlalu kecil, riwayat infeksi rahim, riwayat kuret atau caesar, hingga kehamilan bayi kembar.


Cegah plasenta lengket dengan cara berikut!

🍲Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi terutama dengan kandungan kaya protein, asam folat, omega-3, DHA🐟 baik bagi kesehatan ibu dan janin. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengonsumsi suplemen kehamilan agar kondisi kehamilan tetap sehat.

✨Menghindari stres dan rutin periksa ke dokter kandungan

Usahakan untuk menghindari stres dan beristirahat dengan cukup. Jangan lupa untuk periksa secara rutin ke dokter kandungan👩‍⚕️ untuk memastikan kondisi kehamilan berjalan dengan baik.