post-title

Hal-Hal Penting Mengenai Hamil Trimester 3

Trimester ketiga yang merupakan trimester terakhir kehamilan, dimulai dari minggu ke-27 hingga minggu ke-40🗓️. Terdapat hal-hal penting yang perlu ibu hamil perhatikan pada trimester terakhir ini.


Hal apa saja yang biasanya dirasakan ibu hamil di trimester 3?

🚽Diare

Diare yang dialami ibu hamil pada trimester ini dapat menjadi pertanda bahwa waktu persalinan sudah dekat. Diare🧻 terjadi karena tubuh ibu hamil melakukan persiapan untuk melahirkan sehingga beberapa otot dalam tubuh termasuk saluran antara usus besar dan anus mengendur.

✨Kontraksi Braxton Hicks

Braxton hicks merupakan kontraksi yang timbul dengan tidak teratur dan hilang dengan sendirinya. Kontraksi ini adalah kontraksi yang umum dialami oleh ibu hamil🤰 sebelum melahirkan.

⚡Nyeri pada selangkangan

Nyeri selangkangan adalah hal yang umum terjadi pada trimester terakhir kehamilan. Hal ini terjadi karena terdapat pelepasan hormon relaksin yang menyebabkan pelunakan tulang panggul🦴.


Hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan di trimester 3?

🍣Makan makanan mentah

Hindari makan makanan mentah, terutama di trimester ketiga kehamilan. Makanan mentah ataupun setengah matang dapat menjadi sarang dari bakteri🦠.

🚗Bepergian jarak jauh

Hindari bepergian jarak jauh, apalagi jika tanggal perkiraan melahirkan telah dekat. Tapi, apabila harus bepergian jauh, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan👩‍⚕️.


Hal yang direkomendasikan untuk dilakukan pada trimester 3

💭Hitung jumlah tendangan bayi

Mulai dari minggu ke-28 kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mulai menghitung tendangan bayi dengan teratur dan mencatat✍🏻 setiap perubahan dari aktivitas. Konsultasikan pada dokter apabila terdapat perubahan pada pola tendangan bayi.

✔️Persiapan kebutuhan persalinan dan bayi sesudah lahir

Persiapkan hal-hal yang akan dibawa ketika persalinan. Selain itu, persiapkan juga kebutuhan bayi sesudah lahir seperti selimut, baju👚, handuk, dan keperluan lainnya.