post-title

Suara Berubah ketika Hamil?

Terdapat banyak perubahan yang dialami wanita yang sedang hamil. Salah satunya adalah suara🎵 yang berubah menjadi lebih berat. Mengapa hal ini terjadi?


Hal apa yang membuat suara ibu hamil mengalami perubahan?

✨Peningkatan hormon

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan suara ibu hamil berubah. Salah satunya, peningkatan hormon estrogen dan progesteron saat hamil🤰 dapat membuat suara ibu hamil mengalami perubahan.

❓Lalu, apakah perlu khawatir?

Anda tidak perlu khawatir karena hal ini adalah hal yang normal. Tapi, jika terdapat gejala-gejala berikut, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️. Gejala tersebut diantaranya merasa sakit ketika berbicara, kehilangan suara yang sangat signifikan, atau perubahan suara yang terjadi dengan mendadak saat tengah berbicara atau setelah bersin.


Faktor lain yang menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan suara

📌Perubahan pada pembuluh darah

Kehamilan membuat pembuluh darah mengalami pelebaran pada berbagai bagian tubuh. Karena itu, pembuluh darah di pita suara juga dapat melebar😉.

💡Perubahan pada postur tubuh

Perubahan hormon yang terjadi selama hamil mengakibatkan relaksasi ligamen yang membuat perubahan bentuk panggul, dada, dan punggung. Hal ini membuat beberapa ibu hamil tidak bisa menyanyi💨 pada trimester ketiga. Namun, biasanya sesudah melahirkan, kondisi ini akan kembali seperti semula.

👃Resonansi hidung yang menurun

Selama masa kehamilan, mukosa hidung dapat mengalami pembengkakan. Hal ini membuat resonansi suara di dalam rongga sinus paranasal menjadi tercegah dan berkurang sehingga membuat suara menjadi kurang bersemangat😞.

☁️Pembengkakan pita suara

Selama masa kehamilan, bagian tubuh tertentu akan mengalami pembengkakan. Pita suara ibu hamil mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh peningkatan cairan dalam tubuh yang membuat pita suara bergetar⚡ lebih lambat dibandingkan sebelumnya.

☘️Kapasitas paru yang menurun

Ketika janin bertumbuh, diafragma dan organ lainnya didorong ke dalam rongga dada. Karena itu, ibu hamil🤰 dapat merasa sulit untuk bernapas dalam untuk memperpanjang nada tinggi.