post-title

Genangan Darah di Plasenta

Banyak perubahan yang terjadi selama masa kehamilan. Dokter juga dapat menemukan kolam darah di plasenta yang disebut dengan placental lake✨ ketika ibu hamil sedang melakukan pemeriksaan rutin. Mengapa genangan darah ini bisa terjadi? Apakah berbahaya?


Mengenal lebih dalam Placental Lake

🌊Placental Lake? Apa itu?

Placental lake merupakan kolam atau genangan darah yang ditemukan pada permukaan plasenta atau di dalam plasenta. Saat proses pemindaian dengan USG, kolam darah akan terlihat sebagai massa hitam besar yang terletak di bagian depan serviks rahim yang posisinya berada di atas janin👶 berada.

🙋Hal apa yang menyebabkan terjadinya Placental Lake?

Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti dari terjadinya placental lake. Untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami placental lake atau tidak, hanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG🏥.


Apakah Placental Lake berbahaya?

❓Berbahayakah Placental Lake?

Anda biasanya tidak perlu terlalu mengkhawatirkan placental lake. Namun, hal ini dapat memengaruhi ukuran dari janin. Serta, apabila placental lake terdeteksi pada trimester kedua, maka dokter👩‍⚕️ biasanya akan melakukan pemeriksaan yang ketat dengan tujuan memastikan berat bayi normal.

⚡Risiko yang perlu diwaspadai

Anda perlu memerhatikan risiko seperti placental lake yang lebih besar dibanding biasanya dan menempati lebih dari 10 sampai 15 persen ruang di dalam plasenta. Walaupun jarang terjadi, namun ibu hamil🤰 berisiko mengalami plasenta akreta yang diakibatkan oleh beberapa placental lake yang berukuran besar.