post-title

Skiatika, Nyeri saat Hamil Trimester 3

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami banyak perubahan dan gejala-gejala seperti kesemutan, nyeri panggul, punggung, pembengkakan kaki, dan sebagainya. Selain itu, ibu hamil sering mengalami skiatika⚡. Apa itu skiatika?


Mengenal lebih dalam Skiatika

❓Skiatika, apa itu?

Skiatika merupakan saraf terbesar yang terdapat di dalam tubuh dan saraf utama di kaki. Skiatika sering disebut juga dengan linu panggul. Rasa sakit biasanya menjalar dari saraf sciatic yang letaknya berada pada tulang bagian bawah sampai bagian belakang paha🦵.

🙋Apa saja penyebab dari Skiatika?

Skiatika terjadi karena adanya tekanan pada tulang belakang yang mengakibatkan saraf sciatic menjadi terjepit, yang kemudian membuat ibu hamil merasakan rasa nyeri, dan kebas✨. Rasa nyeri ini bisa bertambah seiring bertambahnya usia kandungan. 


Apa saja gejala dan cara penanganan Skiatika?

☁️Gejala dari Skiatika

Gejala dari Skiatika selama hamil adalah rasa sakit yang terasa menjalar dari bagian panggul sampai bagian belakang kaki, terasa kesemutan, mati rasa, atau kebas pada salah satu kaki ataupun keduanya. Selain itu, terdapat sensasi panas☀️ atau terbakar pada bokong dan bagian bawah punggung.

💡Bagaimana cara menangani Skiatika?

Rasa sakit yang dialami akibat skiatika dapat diringankan dengan berbagai cara. Di antaranya, ibu hamil dapat mandi🚿 dengan air hangat untuk merilekskan otot-otot yang tegang. Ibu hamil juga dapat menggunakan bantal full body yang bisa menopang kaki dan pinggul ketika tidur.

Ibu hamil juga dapat menerima pijatan khusus untuk ibu hamil atau pijat prenatal untuk melancarkan sirkulasi darah, merilekskan tubuh. Hindari pula terlalu lama duduk atau berbaring terus-menerus. Melalui olahraga ringan seperti yoga hamil atau berjalan-jalan santai di sekitar rumah🏠 juga dapat membantu merilekskan otot dan meningkatkan mood.