post-title

Amankah Toilet Jongkok ketika Hamil Tua?

Perut yang semakin membesar membuat ibu hamil kesulitan melakukan hal-hal tertentu. Misalnya, memakai toilet jongkok. Nah, sebenarnya apakah penggunaan toilet jongkok🧻 ketika hamil tua berbahaya?


Penggunaan toilet jongkok saat hamil

💡Apakah berbahaya menggunakan toilet jongkok saat hamil?

Secara umum, penggunaan toilet jongkok saat hamil tidaklah berbahaya. Tetapi, apabila ibu hamil memiliki ancaman mengalami persalinan prematur, maka dokter👩‍⚕️ biasanya akan melarang ibu untuk menggunakan toilet jongkok.

📌Teknik buang air besar yang tidak tepat saat hamil

Dokter kandungan menyarankan ibu hamil untuk menghindari manuver valsava yang merupakan metode pernapasan yang bisa memperlambat jantung ketika berdetak terlalu cepat dengan cara menutup hidung dengan rapat sambil menghembuskan napas dengan kuat🌬️. Manuver valsava banyak dilakukan orang tanpa disadari ketika memakai toilet duduk.


Penggunaan toilet jongkok saat hamil bermanfaat? Apa saja manfaatnya?

🎈Membantu menuntaskan seluruh kotoran

Berjongkok membantu mendorong tekanan yang diperlukan oleh usus besar untuk mengeluarkan kotoran. Hal ini pun membantu ibu hamil🤰 untuk mengeluarkan seluruh kotoran dari dalam tubuh.

✨Membantu mempersiapkan proses persalinan

Menggunakan toilet jongkok saat hamil dapat membantu mempersiapkan proses persalinan, yaitu dengan memperkuat bagian area panggul dan paha. Selain itu, posisi ini juga dapat mendukung posisi ideal saat bersalin karena dapat membantu bayi untuk turun dengan alami☘️.


Gunakan toilet jongkok saat hamil dengan cara berikut ini!

✔️Memastikan keamanan toilet jongkok

Pastikan keamanan toilet jongkok dengan memasang pegangan pada tiap sisi kamar mandi. Pastikan ibu hamil dapat menjangkau tisu toilet atau air🌊 dengan mudah. Selain itu, pastikan lantai toilet kering guna menghindari ibu hamil terjatuh karena terpeleset.

✍🏻Posisi saat berjongkok

Usahakan untuk menjaga area punggung tetap lurus ketika sedang berjongkok. Hal ini berguna membantu ibu hamil menjaga keseimbangan⚖️.