post-title

Radang Usus Buntu ketika Hamil

Radang usus buntu✨ bisa saja dialami ibu hamil. Nah, jika terjadi saat hamil, apa yang dapat dilakukan dan apa saja gejalanya?


Hal apa yang menyebabkan radang usus buntu ketika hamil?

🦠Infeksi bakteri

Infeksi bakteri seperti bakteri shigella, salmonella dapat menjadi penyebab radang usus buntu ketika hamil. Mikroba usus seperti cacing🪱 kremi di dalam saluran pencernaan juga salah satu penyebab lainnya.

💡Faktor genetik

Faktor genetik juga merupakan salah satu penyebab dari radang usus buntu saat hamil🤰. Apabila orang tua dari ibu hamil pernah mengalami usus buntu, maka hampir dapat dipastikan ibu hamil juga akan mengalaminya. 

🧻Endapan feses

Endapan feses pada apendiks yang disebut juga dengan batu apendiks dapat menjadi penyebab radang usus buntu saat hamil. Penyumbatan kotoran yang menumpuk🚽 di dalam usus buntu juga merupakan penyebab radang usus buntu.

🥦Kekurangan serat

Kurang makan makanan berserat dapat membuat kerja usus menjadi terganggu. Makanan tanpa serat tidak dapat dicerna dengan cepat. Karena itu, usus harus bekerja ekstra⚡ yang dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan.


Gejala dan cara penanganan radang usus buntu saat hamil

🤔Gejala radang usus buntu ketika hamil

Gejala radang usus buntu yang dialami ketika hamil yaitu ibu hamil mengalami gangguan makan, diare, demam, mual🤢. Selain itu, perut kanan bawah terasa nyeri, nyeri ketika buang air kecil, dan nyeri pada anus.

🙋Bagaimana cara penanganan radang usus buntu saat hamil?

Jika radang usus buntu yang dialami ringan, maka dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi. Tetapi, jika radang usus buntu yang dialami termasuk parah, maka dokter👩‍⚕️ akan melakukan pembedahan.