post-title

Janin Tiba-Tiba Menghilang?!

Pernahkah Anda mendengar istilah kehamilan kosong? Kondisi ini sering dikaitkan dengan hal mistis karena kandungan ibu hamil yang tiba-tiba dinyatakan tidak ada. Sebenarnya, seperti apa itu kehamilan kosong🤰?


Mengenal lebih dalam kehamilan kosong

🙋Kehamilan kosong? Apa itu?

Kehamilan kosong, suatu kondisi keguguran yang terjadi saat sel telur yang sudah dibuahi telah tertanam ke dalam rahim namun tidak berkembang menjadi embrio. Pada kondisi ini, embrio berhenti tumbuh, namun kantung tempat embrio berkembang terus bertumbuh. Kantung kehamilan yang kosong dan plasenta tetap melepaskan hormon✨ kehamilan.

❓Namun, hasil tes kehamilan positif?

Ibu hamil masih terus mengalami gejala kehamilan seperti hasil tes kehamilan yang positif dan menstruasi yang terhenti ketika mengalami kehamilan kosong. Hal ini disebabkan oleh plasenta yang terus mengeluarkan hormon sehingga menyebabkan tubuh mengalami reaksi yang sama saat sedang hamil🤰.

💡Apakah kondisi ini dapat dicegah?

Kondisi kehamilan kosong tidak bisa dicegah. Alasannya, karena kondisi ini biasanya diakibatkan oleh masalah genetik✨ atau kromosom ketika pembelahan sel.


Apakah masih bisa hamil lagi dan apakah dapat terjadi kembali?

✔️Perempuan yang mengalami kondisi ini dapat hamil lagi

Perempuan yang mengalami kondisi kehamilan kosong tentunya masih dapat hamil lagi. Biasanya pasangan akan disarankan untuk menjalani program hamil kembali sesudah satu sampai dua siklus menstruasi📅 sesudah mengalami kehamilan kosong.

📌Jarang terjadi berulang

Kondisi kehamilan kosong jarang terjadi dengan berulang. Berdasarkan Cleveland Clinic, ibu hamil yang pernah mengalami kehamilan kosong rata-rata mempunyai janin👶 yang bertumbuh dengan sehat pada kehamilan berikutnya.