post-title

Wajibkah Minum Susu Ibu Hamil?

Bagi perempuan yang baru hamil pertama kali pastinya akan bertanya-tanya mengenai banyak hal terkait kehamilan. Salah satunya, apakah ibu hamil wajib minum susu🥛 ibu hamil? 


Minum susu ibu hamil, wajib atau tidak?

🤔Haruskah ibu hamil minum susu?

Susu mengandung banyak nutrisi baik seperti protein, kalsium, mineral, vitamin, karbohidrat, lemak yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Kalsium penting bagi pertumbuhan dan perkembangan gigi dan tulang🦴 janin.

🙋Lalu, apa kesimpulannya?

Kesimpulannya, ibu hamil tidak diwajibkan untuk minum susu ibu hamil, namun susu kaya akan gizi yang baik bagi pertumbuhan janin👶. Ibu hamil juga harus berhati-hati apabila memiliki kondisi intoleransi laktosa.

❓Kapan sebaiknya ibu hamil minum susu hamil?

Janin mulai tumbuh sejak trimester pertama kehamilan, karena itu disarankan untuk minum susu dari masa awal kehamilan. Ibu hamil dapat minum susu pada pagi☀️ dan sore hari.


Hati-hati! Bisa saja ibu hamil tidak cocok minum susu hamil!

💡Apa saja gejalanya?

Gejala yang dialami oleh ibu hamil yang tidak cocok minum susu atau intoleransi laktosa diantaranya adalah mual🤢, diare, kram pada perut, perut kembung dan kadang muntah. Hal ini biasanya akan terjadi sekitar 30 menit sampai 2 jam sesudah ibu hamil minum susu.

💭Apa yang harus dilakukan jika mengalami intoleransi laktosa?

Apabila ibu hamil mengalami kondisi intoleransi laktosa, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai makanan apa saja yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan susu ibu hamil, serta jumlah tepat yang disarankan dokter👩‍⚕️ sesuai dengan kondisi kehamilan ibu hamil.


Makanan pengganti susu apabila ibu hamil mengalami intoleransi laktosa

✨Sayuran hijau

Sayuran seperti brokoli dan pakcoy mengandung kalsium. Dengan mengonsumsi 50 gram brokoli🥦, maka ibu hamil akan memperoleh 30 mg asupan kalsium.

🍊Tahu, jeruk

Dengan mengonsumsi satu mangkuk kecil atau 260 gram tahu, maka ibu hamil akan memperoleh 832 mg kalsium. Jeruk kaya akan vitamin C yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil serta mengandung kalsium😊.