post-title

Mengapa Ibu Hamil Ngidam Es Batu?

Ingin makan makanan tertentu atau ngidam adalah suatu hal yang dialami oleh banyak ibu hamil. Tetapi, bagaimana jika ibu hamil ngidam makan es batu🧊?


Hal apa yang menyebabkan ibu hamil ngidam makan es batu?

📌Kurang zat besi

Beberapa hasil penelitian memperlihatkan keterkaitan makan es batu dengan kekurangan zat besi (anemia). Namun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan👩‍⚕️ untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari ngidam es batu yang dialami.

☀️Sensasi seperti terbakar pada tenggorokan dan dada

Sensasi rasa terbakar pada tenggorokan dan dada (heartburn) diakibatkan oleh adanya gangguan pencernaan asam lambung yang naik. Ibu hamil🤰 mengalami heartburn karena meningkatnya hormon progesteron yang diproduksi plasenta yang membuat otot-otot sekitar rahim melemas.

✨Morning sickness

Sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness pada masa awal kehamilannya. Ibu hamil biasanya akan kesulitan mengonsumsi makanan karena mual, karena itu, es batu menjadi pilihan karena tidak mempunyai bau💨 dan rasa.


Manfaat makan es batu ketika hamil

🍃Meredakan stres

Stres tentunya dapat dialami ketika hamil. Nah, es batu yang dingin membuat mulut, tubuh, dan suasana hati❤️ menjadi terasa lebih segar.

🌊Mencegah kekurangan cairan

Makan es batu hampir sama dengan minum air putih. Karena itu, makan es batu juga dapat membantu mencegah dehidrasi ketika hamil. Namun, bukan berarti makan es batu menjadi pengganti minum air putih ya! Tetaplah minum air putih dan makan makanan bergizi serta berkonsultasi dengan dokter kandungan🏥 jumlah es batu yang aman untuk dikonsumsi.


Selain bermanfaat, makan es batu ketika hamil tentunya juga memiliki akibat buruk

👉Metabolisme tubuh bekerja lebih berat

Ibu hamil yang sering makan es batu dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi bekerja lebih berat. Alasannya, diperlukan proses penyesuaian tubuh pada suhu🌡️ cairan es.

⚡Bisa sakit tenggorokan

Ketika daya tahan tubuh ibu hamil sedang melemah, makan es batu apalagi dalam jumlah banyak tentunya dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu, mengunyah es batu terus-menerus juga dapat membuat gusi dan gigi🦷 rusak.