post-title

Mengenal Lebih Dalam Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur merupakan kelahiran yang terjadi lebih awal dari hari perkiraan lahir atau sebelum minggu ke-37🗓️. Apa saja penyebab dan gejalanya?


Tanda-tanda kelahiran prematur

⚡Tekanan pada panggul

Tekanan pada panggul, vagina, nyeri pinggang merupakan tanda kelahiran prematur. Kontraksi yang terjadi tiap 10 menit⏲️, mual muntah, perdarahan pada vagina, dan kram pada perut bagian bawah juga merupakan tanda kelahiran prematur.

👩‍⚕️Segera ke dokter!

Segera ke rumah sakit🏥 apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut. Penanganan harus dilakukan dengan cepat karena jika terlambat akan berakibat fatal bagi ibu hamil maupun bayi di dalam kandungan.


Berbagai penyebab kelahiran prematur

👶Faktor janin

Faktor janin di antaranya, gangguan perkembangan janin, kehamilan kembar, IUGR, dan janin yang menderita cacat lahir dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur.

✨Faktor kehamilan

Faktor kehamilan penyebab kelahiran prematur yaitu tidak melakukan pemeriksaan rutin kehamilan, plasenta yang lepas sebelum waktunya, hamil pada usia remaja atau di atas usia 40 tahun. Jarak kehamilan yang terlalu dekat dari kehamilan sebelumnya, kelainan fungsi plasenta, cairan ketuban🌊 yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelahiran prematur.

☘️Faktor kesehatan ibu hamil

Faktor kesehatan ibu hamil yaitu, stres, kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol🍷 sebelum atau ketika masa kehamilan, gangguan pembekuan darah, pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya atau pernah keguguran dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur.


Cara menangani kelahiran prematur

📌Melakukan prosedur pengikatan leher rahim

Dokter akan mengikat🤏, menjahit, atau memasang ring pessarium pada bagian pembukaan serviks. Prosedur ini dilakukan pada ibu hamil dengan kondisi serviks yang berisiko terbuka selama masa kehamilan.

🏥Rawat inap dan obat-obatan

Ibu hamil akan disarankan untuk rawat inap guna memantau kondisi ibu hamil🤰 dan janin. Dokter juga akan memberikan beberapa jenis obat melalui infus.

💭Melakukan persalinan

Apabila kelahiran prematur sudah tidak bisa ditunda karena nyawa ibu hamil atau janin yang terancam, maka dokter👩‍⚕️ dapat melakukan proses persalinan. Dokter juga bisa menyarankan ibu hamil untuk melahirkan melalui operasi caesar.